Sukses

Ratusan Buruh Mulai Dekati Monas

Mereka yang sudah berkumpul di Patung Kuda depan menara Indosat, merupakan buruh gabungan.

Liputan6.com, Jakarta - Elemen buruh yang akan menggelar unjuk rasa sudah mulai berdatangan ke lokasi aksi. Ratusan dari mereka terlihat sudah berkumpul di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, dekat monas, Selasa (1/9/2015).

Demo buruh tersebut sedianya akan dilakukan hingga ke Istana Merdeka. Mereka yang sudah berkumpul di Patung Kuda depan menara Indosat, merupakan buruh gabungan dari Garda Metal, FSPMI, KSPI, SPSI Karawang, KSPI Bekasi. Kumpulan massa tersebut terlihat memmbentangkan spanduk berisi tuntutan, antara lain turunkan harga sembako, tolak pekerja asing dan perbaikan pelayanan BPJS.

Selain di Patung Kuda, massa terlihat berjaga di sekitar Bunderan Hotel Indonesia dan Sarinah untuk memberi arahan pada peserta aksi lainnya untuk menuju Patung Kuda.

Lalu lintas mulai dari Bunderan HI hingga Jalan Medan Merdeka Barat terpantau ramai lancar.

Sementara itu, sekitar 100 orang buruh yang terdiri dari berbagai aliansi di Kota Bogor, Jawa Barat, berangkat menuju Jakarta untuk mengikuti demo. Keberangkatan mereka dikawal pihak kepolisian.

Koordinator buruh Bogor, Budi Setiawan mengatakan, aliansi yang akan bergabung pada unjuk rasa di Jakarta yaitu SPN, SP. KEP, Aliansi Serikat Pekerja Bogor, dan SPIN.

"Para buruh ini terdiri dari beberapa perusahaan, di antaranya PT UNITEX, PT Good Year dan beberapa perusahaan lainnya," kata Budi di PT Unitex, Tajur, Bogor.

Sebanyak 8.542 personel Kepolisian dari Polda Metro Jaya dan Mabes Polri akan bersiaga menjaga demo buruh hari ini agar tetap tertib dan kondusif. (Ant/Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini