Sukses

Kabut Asap Kian Pekat Selimuti Padang

Riri, seorang warga Padang, mengatakan kabut asap semakin pekat dibandingkan sebelumnya.

Liputan6.com, Padang - Sebagian wilayah Kota Padang, Sumatera Barat diselimuti kabut asap kiriman dari Riau. Kondisi itu terpantau sejak Selasa pagi, sehingga jarak pandang hanya sekitar 4 ribu meter.

"Ini kabut asap kiriman dari provinsi tetangga yaitu Riau, Jambi dan Sumatera Selatan," kata analisis forecast Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Ketaping Neli Elfira di Padang seperti dikutip dari Antara, Selasa (1/9/2015).

Ia mengatakan ketebalan kabut asap ini bervariasi dan baru akan berkurang jika pada sumbernya terjadi hujan.

Ia menyebutkan ada empat titik api di Kabupaten Dharmasraya.

"Jika terjadi hujan di Sumatera Barat (Sumbar) hanya akan mengurangi sedikit dan akan kembali kabut asap jika sumbernya masih belum dipadamkan," ujar dia.

Kendati begitu jarak pandang di Bandara Internasional Minangkabau sekitar 4 ribu meter dinilai masih aman untuk penerbangan. "Jika di bawah 1.000 meter baru akan mengganggu penerbangan," jelasnya.

Riri, seorang warga Padang, mengatakan kabut asap semakin pekat dibandingkan sebelumnya.

"Kabut asap terlihat tipis membayang dan perbukitan yang biasanya tampak sekarang hanya samar-samar," tegas dia.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat Rumainur mengatakan kualitas udara masih dalam kategori sedang dan belum berbahaya untuk kesehatan, namun masyarakat tetap diminta waspada jika kepekatan kabut asap meningkat.

"Secara umum, udara di Sumbar masih baik, kecuali untuk Kabupaten Dhamasraya," pungkas Neli. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini