Sukses

Ada Demo Buruh, KA Pemberangkatan Gambir Bisa Naik di Jatinegara

"Keberangkatan awal tetap dari Stasiun Gambir (sesuai jadwal). Namun calon penumpang KA dapat naik dari Stasiun Jatinegara khusus hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Indonesia (GBI) hari ini, Selasa (1/9/2015), akan menggelar demo besar-besaran di depan Istana Negara dan sekitarnya. Aksi tersebut diprediksi akan mengganggu arus lalu lintas di kawasan Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

‎Merespons kegiatan tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta memberlakukan Berhenti Luar Biasa (BLB). BLB rencananya akan dilakukan di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, khusus bagi kereta api (KA) yang berangkat atau tiba di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat mulai pukul 08.00-13.00 WIB.

"‎Untuk memperlancar dan mempermudah akses pengguna jasa menggunakan KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, PT KAI untuk sementara akan memberlakukan BLB di Stasiun Jatinegara," ujar ‎Kepala Humas PT KAI Daop 1 Bambang S Prayitno, dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin 31 Agustus 2015.

Kebijakan tersebut, kata Bambang, dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal bagi pengguna KA melalui Stasiun Gambir. Ia khawatir, calon penumpang yang hendak berangkat ke Stasiun Gambir akan terganggu pengalihan arus lalu lintas akibat adanya demo buruh, yang diperkirakan long march dari Bundaran HI hingga Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Pengguna jasa bisa naik KA dari Stasiun Jatinegara, karena dikhawatirkan terjadi kemacetan dan pengalihan arus lalu lintas di seputaran Stasiun Gambir," terang dia.

Kendati begitu, pihaknya menyatakan Stasiun Gambir tetap beroperasi seperti biasa. Keberangkatan dan kedatangan KA tetap ‎berjalan sesuai jadwal. PT KAI hanya menambahkan opsi Stasiun Jatinegara untuk menampung penumpang KA yang khawatir tidak bisa berangkat melalui Stasiun Gambir.

‎"Keberangkatan awal tetap dari Stasiun Gambir (sesuai jadwal). Namun calon penumpang KA dapat naik dari Stasiun Jatinegara khusus hari Selasa 1 September pukul 08.00 hingga 13.00 WIB," jelas Bambang.

Berikut daftar kereta api dari Stasiun Gambir yang bisa dinaiki melalui Stasiun Jatinegara:           

a. KA Argo Dwipangga
b. KA Argo Parahyangan
c. KA Taksaka
d. KA Argo Jati
e. KA Argo Bromo Anggrek
f. KA Cirebon Ekspres
g. KA Tegal Bahari 

(Sun/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.