Sukses

Menko Polhukam dan Mendagri Bahas Pembangunan Daerah Perbatasan

Selain pembangunan di kawasan perbatasan, mereka juga membahas penyerapan anggaran daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan menggelar dua agenda rapat koordinasi dengan beberapa jajaran kementerian di bawahnya, termasuk Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Polri Jenderal Pol Badrodin Haiti.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang ikut rapat mengatakan membahas penyerapan anggaran di kuartal ke II.

"Di dalam membahas soal penyerapan anggaran. Di mana penyerapan anggaran di kuartal ke II ini bisa optimal," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Selain membahas penyerapan anggaran, politikus senior PDIP itu juga menjelaskan pembangunan di kawasan perbatasan. Dia meminta agar Menko Polhukam bisa mengunjungi wilayah tersebut.

"Kami minta agar Menko Polhukam mengunjungi wilayah perbatasan tiap bulan agar lebih optimal (pembangunan di daerah perbatasan)," tegas Tjahjo.

Dalam rapat tersebut, Tjahjo juga melaporkan soal peningkatan pembiayaan gubernur, bupati, walikota, di mana harus ada dukungan dari Menko Polhulkam.

"Daerah itu harus mampu memaksimalkan untuk penyerapan anggaran. Karena itu Menko Polhukam harus melihat kondisi keuangan daerahnya untuk memaksimalkannya," pungkas Tjahjo Kumolo.

Sebelumnya, dilaporkan penyerapan anggaran pembangunan daerah per 30 Juni 2015 baru mencapai 25,92%. Karena itu Kemendagri berharap pada semester kedua nantinya, penyerapan anggaran pembangunan daerah bisa di atas 50%. (Ans/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini