Sukses

Tangkal ISIS, Indonesia Bisa Contoh Turki

Tindakan kewaspadaan negara itu terhadap ISIS patut dicontoh.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kelompok radikal di Indonesia terang-terangan mendukung kelompok militan ISIS. Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq, berharap Indonesia bisa setegas Turki dalam menghadapi propaganda ISIS.

Walaupun kondisi Indonesia berbeda dengan Turki, karena negara tersebut merupakan salah satu pintu masuk bagi warga asing yang akan bergabung dengan ISIS, tindakan kewaspadaan negara itu terhadap ISIS patut dicontoh.

"Pemerintah Turki memilih bersikap tegas dengan memperkuat badan intelijen mereka, dengan memperketat akses perbatasan ke Suriah. Saya berharap BNPT dan BIN dan seluruh stakeholder lainnya, harus bisa mencegah dan tidak membiarkan ISIS masuk ke Indonesia dengan memanfaatkan Islam, pengangguran, mahasiswa, dan juga mantan-mantan aparat yang desertir," tegas Maman ketika dihubungi, Jakarta, Minggu 30 Agustus 2015.

Selama ini, sasaran utama ISIS adalah mahasiswa dan golongan terpelajar karena mereka aktif menggunakan internet sehingga rentan dipengaruhi. Oleh karena itu, kata dia, perlu adanya sinergi untuk membentengi generasi muda Indonesia dari ajaran radikal menggunakan agama sebagai alat provokasi, seperti di Turki.

Tidak hanya pemerintah, tetapi organisasi massa (ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) harus bersatu menghadapi ISIS.

"ISIS ini sangat licik dan menyesatkan. Perlu kampanye melalui lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), untuk mencegah masuknya ajaran mereka ke Indonesia, terutama di kalangan kampus," ucap Maman. (Bob/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini