Sukses

Tiga Universitas di Indonesia Masuk 100 Besar Asia

Times Higher Education, lembaga pemeringkat universitas dunia, merilis data terbaru mengenai peringkat 100 besar Universitas di Asia. Indonesia berhasil mendudukkan wakilnya di peringkat 50 (UI); 63 (UGM) dan 80 (ITB).

Liputan6.com, Depok: Times Higher Education, lembaga pemeringkat universitas dunia, merilis data terbaru mengenai peringkat 100 besar Universitas di Asia. Indonesia berhasil mendudukkan wakilnya di peringkat 50 (UI); 63 (UGM) dan 80 (ITB). Demikian siaran pers Universitas Indonesia yang diterima Liputan6.com.

Kedudukan wakil Indonesia mampu mengungguli beberapa wakil negara-negara besar di Asia seperti Pusan University, Korsel (58); University of Delhi (60); Tokyo University of Science (67); Tokyo University of Agriculture and Tech (93).

Saat ini tercatat ada 29 metodologi pemeringkatan universitas. Namun, sedikitnya ada tiga pemeringkatan yang memiliki reputasi internasional: Times Higher Education (THES), Sanghai Jiao Tong University, dan Webometrics. Melalui pemeringkatan, setiap universitas akan memiliki panduan obyektif untuk memetakan keunggulan dan kelemahan antar PT di seluruh dunia. Hal ini dimungkinkan karena peningkatan prestasi setiap tahun hanya dapat dilakukan bila secara konsisten memenuhi kriteria-kriteria penilaian.

THES sendiri dalam melakukan evaluasi prestasi universitas di Asia menggunakan sembilan indikator. Indikator pertama ialah kualitas penelitian (Academic Peer Review) lewat survei di kalangan akademik. Indikator ini memiliki pembobotan senilai 30%. Kedua, rasio staf pengajar dan mahasiswanya (Student Faculty Rasio) dengan bobot 20%. Ketiga Citations per Paper, yaitu seberapa banyak penelitian universitas terkait dikutip (bobot 15%). Disusul Employer Review, sebuah survei untuk menguak informasi tentang kesiapan kerja lulusan (bobot 10%). Indikator lainnya secara berturut-turut ialah Papers per Faculty (15%); Inbound Exchange Students (2,5%); Outbound Exchange Students (2,5%); International Students (2,5%) dan International Faculty (2,5%).

Selain itu, juga terdapat lima bidang akademik yang menjadi subyek penilaian yaitu Arts & Humanities; Engineering & IT; Life Sciences and Biomedicine; Natural Sciences, dan Social Sciences. Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat 18 besar Asia untuk kategori Social Sciences. Posisi ini menempatkan UI unggul di atas universitas-universitas dalam negeri sekaligus beberapa universitas negara Asia lain seperti Keio University, Jepang (19); University of the Philippines (22); Osaka University (24); Shanghai Jiao Tong University (32).(YUS) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.