Sukses

Nekat Pulang ke Pemondokan Tanpa Sandal, Kaki 11 Jemaah Melepuh

Padahal, cuaca di Madinah di atas 40 derajat Celsius.

Liputan6.com, Madinah - 11 Calon haji Indonesia harus mendapat perawatan usai menjalankan ibadah di Masjid Nabawi, Kota Madinah, Arab Saudi. Telapak kaki mereka melepuh akibat tidak menggunakan alas kaki saat beribadah.

Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah, Darmawali Handoko, mengungkapkan 11 anggota jemaah Indonesia tersebut dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia.

"Luka bakar tersebut dikarenakan jemaah tidak menggunakan alas kaki saat pulang menuju pemondokannya. Mereka nekat pulang karena mengira sandalnya hilang di masjid," ujar Handoko di Madinah, Minggu (30/8/2015).

Menurut dia, biasanya jemaah lupa meletakkan sandalnya saat di Masjid Nabawi. Padahal, cuaca di Madinah di atas 40 derajat Celsius.

"Banyak jemaah lupa membawa sandal dan menyimpannya di kotak penitipan sandal di masjid, setelah mau pulang mereka mendapati sandalnya tidak ada, lalu mereka nekat pulang dengan telanjang kaki ke pemondokan. Meskipun Masjid Nabawi sudah menyediakan kantung-kantung plastik untuk membungkus sandal, dan tempat-tempat penitipan sandal di sepanjang jalan masuk menuju masjid," jelas Handoko.

Handoko menambahkan, petugas kesehatan segera mengeluarkan cairan di kaki belasan calon haji tersebut sebagai pertolongan pertama. Setelah itu, petugas membalutnya dengan perban. Setelah bisa berjalan, mereka baru diantar ke pemondokannya.

Kepala Daerah Kerja Madinah Nasrullah Jasam berpesan jemaah tidak perlu khawatir tidak bisa berangkat ke Mekah bila sakit. Termasuk 11 anggota jemaah yang kakinya melepuh.

"Mereka (yang sakit) akan tetap kami bawa ke Mekah, sambil dilihat keadaan sakitnya, kalau hanya luka bakar kami tetap memberangkatkannya ke Mekah," terang Nasrullah.

Kepala Seksi Kesehatan BPHI Daker Makkah Thafsin Alfarisi mengingatkan agar jemaah yang akan tiba di Mekah hari ini berhati-hati. Dia meminta jemaah menghindari paparan langsung matahari dan mengurangi aktivitas pada siang hari.

"Gunakan alas kaki agar tidak terkena luka bakar, makan makanan yang baik dan istirahat yang cukup," ujar Thafsin. (Bob/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.