Sukses

Pengamat KIB: Dwelling Time Lama, Pengusaha Hengkang ke Malaysia

Dwelling time membuat biaya produksi di Indonesia semakin tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Permasalahan dwelling time atau waktu tunggu bongkar-muat di pelabuhan membuat perekonomian di Indonesia terganggu. Itu lantaran pelabuhan mempunyai fungsi penting sebagai gerbang perekonomian di Indonesia.

Pengamat sekaligus Koordinator Komite Indonesia Bersih (KIB) Adhie Massardi mengatakan, permasalahan dwelling time membuat biaya produksi di Indonesia semakin tinggi. Mahalnya biaya tersebut membuat banyak pengusaha hengkang ke negara lain yang memiliki biaya lebih murah.

"Banyak pengusaha yang hengkang dari Indonesia ke Malaysia atau Filipina karena biayanya dinilai lebih rendah," ujar Adhie dalam diskusi bertajuk 'Apa dan Siapa Sesungguhnya Mafia Pelabuhan?' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/8/2015).

Dwelling time, menurut dia, bukan semata soal menunggu waktu bongkar-muat di pelabuhan. Namun juga dapat menentukan perekonomian di Indonesia. Jika barang ekspor atau impor terkendala, maka produksi di Tanah Air akan terkena imbasnya dan cenderung tidak kompetitif.

"Ini kan juga soal barang-barang impor masuk ke Indonesia. Banyak produk yang dibuat pengusaha Indonesia materialnya impor. Kalau terkendala, produksi juga terkena imbasnya," tutur dia.

Karena itu, ia berharap pemerintah segera bertindak cepat menyelesaikan persoalan di pelabuhan agar perekonomian Indonesia membaik. Lebih dari itu, dia juga optimistis terhadap upaya Menko Kemaritiman Rizal Ramli yang siap menuntaskan masalah dwelling time dalam 3 bulan ke depan.

"Mengenai masalah dwelling time, saya ngobrol dengan Pak Rizal kalau target persoalan pelabuhan ini 3 bulan selesai," kata Adhie.

Tuntasnya masalah ini dalam waktu cepat, diharapkan dapat menurunkan biaya tunggu bongkar-muat di pelabuhan. Sehingga dapat meningkatkan daya saing produk-produk di Indonesia di dunia internasional. (Ron/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.