Sukses

Polisi Pastikan Benda Mencurigakan di Kalimalang Bukan Bom

Kepastian itu diperoleh setelah polisi memperoleh hasil analisa dari tim Gegana Polda Metro Jaya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah benda mencurigakan ditemukan warga di depan Mal Cipinang Indah, Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur, Sabtu 29 Agustus 2015 siang. Kepolisian memastikan benda mencurigakan tersebut bukan bom.

Kepastian itu diperoleh setelah polisi memperoleh hasil analisa dari tim Gegana Polda Metro Jaya.

"Bukan bom. Diduga bom rakitan kemarin, tapi dianalisa Gegana bukan bom, dipastikan bukan bom," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Muhammad Iqbal di Jakarta, Minggu (30/8/2015).

Menurut dia, Gegana tidak menemukan unsur bahan peledak saat menganalisa benda tersebut. Hal tersebut yang memastikan benda tersebut bukan bom.

"Tidak ada detonator. Tidak ada aliran listriknya juga. Yang digembor-gemborkan di lokasi kan bom, tapi bukan bom," jelas Iqbal.

Dia menambahkan benda tersebut berbentuk tabung. Tidak ada reaksi ledak yang ditimbulkan dari benda tersebut.

"Bunyi 'deng' itu adalah sistem kerja tabung. Barang itu tidak meledak. Karena memang tidak ada bahan peledaknya," pungkas Iqbal.
 ‎
Sebelumnya, benda mencurigakan itu ditemukan oleh warga bernama Hasan pukul 09.10 WIB kemarin. Dia sedang berupaya memasang perlengkapan panjat pinang di Kalimalang pada saat itu. Namun, ketika menceburkan diri di kedalaman 1 meter, Hasan menginjak sebuah benda yang diduga bom. (Bob/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.