Sukses

Menag Jamin Semua Calon Haji Berangkat ke Tanah Suci

"Masalah visa (haji) tidak perlu dikhawatirkan lagi, alhamdulillah sudah berangsur-angsur baik," ucap Lukman Hakim Saifuddin.

Liputan6.com, Magelang - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menjamin seluruh anggota jemaah haji Indonesia yang mengalami keterlambatan pembuatan visa, berangkat ke Tanah Suci.

"Masalah visa (haji) tidak perlu dikhawatirkan lagi, alhamdulillah sudah berangsur-angsur baik," ucap Lukman di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (29/8/2015).

Menag mengatakan hal tersebut usai menghadiri Milad ke-50 Pondok Pesantren Pabelan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ia menambahkan, sekarang banyak di antara mereka yang sudah terbang ke Tanah Suci. Meskipun demikian, ada beberapa yang masih menunggu karena menunggu seat atau kursi kosong di masing-masing kelompok terbang (kloter) berikutnya untuk bisa diisi oleh mereka.

"Tentu semuanya, mereka akan berhaji," ujar Lukman.

Menurut dia, penyelenggaraan haji 2015 ada beberapa kemajuan yang perlu disyukuri. Seluruh anggota jemaah bisa mendarat di Madinah, Arab Saudi, dan bisa mendapatkan makan selama ada di Mekah.

"Sesuatu yang belum pernah dilakukan selama ini," beber Lukman.

Menag menuturkan nanti ketika jemaah di Padang Arafah, karpet-karpet telah diganti yang baru, tidak ada lagi yang lusuh. Dan di setiap tenda jemaah haji Indonesia dipasang AC maupun water cooler.

"Ini semua sesuatu yang patut kita syukuri dan tidak kita dapatkan pada tahun-tahun yang lalu," pungkas Menag. (Ant/Ans/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini