Sukses

19 Mobil Derek Baru Dishub DKI Mulai Operasi Oktober 2015

Dengan tambahan 19 unit armada baru, diharapkan dapat mengoptimalkan penegakan aturan terutama soal parkir.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memberi banyak pekerjaan rumah bagi Dinas Perhubungan dan Transportasi. Salah satunya membereskan kendaraan yang parkir sembarangan.

‎Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI, Andriyansyah mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan tugas, 19 unit mobil derek otomatis akan didatangkan. Diperkirakan mobil derek ini sudah bisa bertugas pada Oktober 2015.

"Saat ini masih lelang. Diperkirakan selesai September jadi Oktober 19 mobil derek baru ini sudah bisa beroperasi," kata Andri saat dikonfirmasi, Sabtu (29/8/2015).

Ahok memang terus menekan anak buahnya untuk tidak ragu membelanjakan anggaran. Mengingat serapan anggaran Pemprov DKI Jakarta masih sangat rendah.

Para pimpinan SKPD tidak perlu takut untuk membeli keperluan barang dan jasa. Terlebih barang tersebut sudah tercantum pada e-catalog LKPP.

‎"19 Mobil derek ini juga pakai e-catalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Pakai anggaran 2015," lanjut Andri.

Mantan Asisten Pemerintahan Jakarta Timur itu mengatakan, pembelian ini tidak hanya dilakukan untuk memenuhi serapan anggaran. Armada ini juga dibutuhkan untuk melaksanakan tugas sehari-hari terutama menertibkan kendaraan yang parkir di sembarang tempat.

Saat ini, kata Andri, Dishub memang baru memiliki 15 mobil derek otomatis yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. Dengan tambahan 19 unit armada baru, diharapkan dapat mengoptimalkan penegakan aturan terutama soal parkir.

"Kalau ditambah 19 unit lagi, total armada mobil derek otomatis kita jadi 34 unit. Tiap wilayah kita kasih 5 unit, UPT Parkir 5 unit. Sisanya yang 4 unit kita taruh di dinas," tutup Andri. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.