Sukses

Pekerja Temukan Mortir di Galian Proyek MRT Senayan

Senjata artileri itu ditemukan saat sang pekerja sedang menggali tanah untuk proyek MRT.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah mortir ditemukan pekerja bangunan mass rapid transit (MRT) Nasihin (36) di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Benda itu ditemukan pada pukul 10.45 WIB pagi tadi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal mengatakan, senjata artileri itu ditemukan saat Nasihin sedang menggali tanah untuk proyek MRT.

Benda sepanjang 36 sentimeter dan diameter 10 sentimeter itu membuat Nasihin penasaran dan akhirnya berusaha mengangkat benda tersebut.

"Ia curiga lalu mengambil mortir itu dan membersihkannya. Lalu ia mengadukan temuannya ke manajernya Rizky. Pihak kontraktor lalu melapor ke polisi," kata Iqbal ketika dihubungi, Sabtu (29/8/2015).

Sebanyak 8 personel Gegana Polda Metro Jaya, langsung mendatangi lokasi penemuan pada pukul 13.17 WIB. Petugas langsung mengamankan benda tersebut ke Markas Brimob Petamburan untuk diperiksa.

"Tim masih memeriksa, apakah itu mortir peninggalan zaman perang atau baru," ujar mantan Kapolres Jakarta Utara itu.

Warga Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Hasan (40) juga sebelumnya menemukan bom rakitan aktif di dasar tepi Kalimalang, Jakarta Timur. Bentuk rangkaian bom rakitan itu dinilai sempurna oleh Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Umar Faruq.

Warga pun melapor ke Polsek Duren Sawit dan Polsek Makassar karena lokasi penemuan berada di tengah wilayah hukum kedua polsek tersebut.

Setelah di lokasi, 10 personel Gegana Polda Metro Jaya mengamankan bom dan meledakkannya di lahan yang steril dari kegiatan warga. Hingga kini polisi masih mengusut si penaruh bom tersebut. (Ali/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.