Sukses

Polisi: Perakit Bom yang Ditemukan di Kalimalang Profesional

Setelah Tim Gegana tiba di lokasi, bom tersebut langsung diledakan di lahan yang steril dari warga.

Liputan6.com, Jakarta Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Umar Faroq menyatakan, rakitan bom aktif yang ditemukan warga di dasar Sungai Kalimalang, Jakarta Timur, dibuat oleh kelompok profesional. Hal ini karena rangkaian bom yang ditemukan itu terdiri dari komponen yang hampir sempurna yakni baterai, sambungan kabel, tabung pembungkus, dan material bom.

"Saya kira yang merakit itu profesional," kata Umar kepada Liputan6.com, Sabtu (29/8/2015).

Daya ledak bom tersebut, kata Umar, belum dapat dipastikan saat ini. Sebab, Tim Forensik dari Brimob Polri harus melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui kriteria bom.

"Low atau high explosive belum bisa saya jawab. Masih diperiksa dan kewenangan untuk menjawab ada di Brimob," ujar Umar.

Dia mengungkapkan, setelah Tim Gegana tiba di lokasi, bom tersebut langsung diledakan di lahan yang steril dari warga. Hingga kini, kepolisian bersama warga masih menyisir sekitar titik TKP untuk memastikan tidak ada lagi rangkaian bom di lokasi tersebut.

"Sekarang anggota dan warga masih menyisir sekitar lokasi penemuan. Masih ditelusuri apakah ada lagi benda serupa atau tidak," imbuh Umar. (Mvi/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.