Sukses

29-8-1885: Sepeda Motor Pertama di Dunia

Pria Jerman bernama Gottlieb Daimler merupakan orang di balik terwujudnya inovasi mutakhir tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, sepeda motor menjadi kendaraan favorit yang digunakan banyak orang dibanding alat transportasi lainnya. Selain fleksibel, bisa dikendarai dengan mudah dan praktis, motor juga merupakan 'teman' berangkat kerja dan menjadi kendaraan penyatu bagi komunitas motor.

Tapi, tahukan Anda seperti apa motor pertama di dunia? Ya, kendaraan ini sejatinya untuk yang kali pertama dipajang secara resmi di muka publik, di Jerman pada 29 Agustus 1885, seperti dimuat Yahoo.

Pria Jerman bernama Gottlieb Daimler merupakan orang di balik terwujudnya inovasi mutakhir tersebut. Daimler pada saat itu juga langsung mematenkan motor ciptaannya tersebut. Banyak pujian datang kepadanya. Dan motor tersebut pun dikembangkan hingga sekarang.

Daimler menciptakan sepeda motor dari hasil pengembangan mesin 4 tak yang diciptakan oleh bosnya, Nicoulas Otto. Dari situ, lulusan Polikteknik Stuttgart itu menciptakan mesin baru dengan bahan bakar bensin. Ia juga menciptakan karburator.

Hingga pada akhirnya, Daimler yang ketika itu dibantu asistennya, Wilhelm Maybach berhasil memasang mesin dan karburator pada sepeda, yang kemudian disebut motor pertama di dunia.

Pada 10 November 1885, sepeda motor tersebut diuji coba pertama kali oleh putra Daimler, Paul, dari Kota Cannstatt menuju Untertukhem, Jerman dengan jarak tempuh 8 mil atau sekitar 12,8 km.

Percobaan tersebut cukup sukses. Motor sampai ke tujuan meski mesin panas yang membuat perjalanan Paul kurang nyaman dan kurang sempurna.

Dari uji coba tersebut, Daimler dan Maybach memperbaiki dan mengembangkan mesinnya hingga motor dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan

Sepeninggal Daimler pada 1900, Maybach meneruskan inovasinya dengan mengembangkan mesin yang kini berbuah menjadi mobil Mercedez. Selain sepeda motor, Daimler dan Maybach menjadi perintis dalam terciptanya mobil mewah yang kini dinikmati banyak orang.

Sejarah lain mencatat pada 29 Agustus 1831, Michael Faraday menemukan induksi elektromagnetik, cikal bakal listrik yang kini juga dinikmati banyak orang.

Sementara, pada 29 Agustus 2005, bencana besar melanda Amerika Serikat. Angin topan Katrina meluluhlantakkan wilayah sepanjang pesisir Lousiana hingga Florida Pandhandle, yang mengakibatkan 1.836 orang tewas. (Ado/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini