Sukses

Kabut Asap Tebal, Seluruh Sekolah di Siak Riau Diliburkan

Jika Senin depan kabut asap tetap tebal, sekolah terpaksa diliburkan kembali.

Liputan6.com, Siak - Seluruh sekolah di Kabupaten Siak, Riau, diliburkan pemerintahan setempat karena kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan kian pekat. Para siswa dipulangkan oleh pihak sekolah akibat tebalnya kabut asap.

Libur sekolah ini berdasarkan rekomendasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak akibat tebalnya kabut asap. Setiap Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan di setiap kecamatan diperintahkan meliburkan sekolah.

"Kita telah menginstruksikan UTPD Pendidikan untuk meliburkan sekolah, jika udara mengganggu kesehatan siswa," ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak, Kadri Yafis di Siak, Riau, Jumat (28/8/2015) siang.

Sebelumnya, sambung Kadri, rencana meliburkan sekolah sudah dibicarakan dengan setiap UPTD mengingat kondisi udara tidak sehat untuk dihirup. "Sekolah akan kembali beraktivitas jika kondisi udara sudah membaik."

Kadri menjelaskan, pihaknya memerintahkan setiap sekolah, mulai dari taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA), memulangkan siswa lebih awal karena tebalnya kabut asap.

Menurut Kadri, aktivitas belajar akan dimulai pada 31 Agustus mendatang. "Jika kondisi udara bagus, aktivitas belajar akan dimulai seperti biasa pada hari Senin, namun jika kabut asap tebal, kita terpaksa meliburkan anak kembali."

Jika Senin depan kabut asap tetap tebal, imbuh Kadri, sekolah terpaksa diliburkan kembali. Tujuannya agar peserta didik tidak menghirup asap.

"Selama libur dan ada kabut asap, peserta didik diharap tidak keluar rumah, jangan sampai terganggu kesehatan disebabkan kabut asap," pungkas Kadri. (Ans/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini