Sukses

Lucunya Suasana Pesta Ulang Tahun Panda di Tiongkok

Yuan Run, lahir pada 25 Agustus 2012. Hari itu, ia merayakan ulang tahun ketiga. Pestanya diadakan secara meriah.

Liputan6.com, Chengdu - Hidangan istimewa disiapkan di bagian luar kandang panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding: setumpuk potongan rebung atau bambu muda, juga sebuah 'kue tar' cantik -- yang dibuat dari apel dan buah-buahan yang dibekukan dan dicetak dalam loyang.

"Kebetulan hari ini ada panda yang sedang berulang tahun. Namanya Yuan Run. Dia betina," kata Jason Lao, Humas Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding kepada Liputan6.com, Rabu 25 Agustus 2015.

Yuan Run, lahir pada 25 Agustus 2012. Hari itu, ia merayakan ulang tahun ketiga. "Ia bertubuh gemuk dengan dagu agak tirus. Panda kecil namun tak selalu bersih, itu mengapa bulunya berwarna kekuningan," demikian keterangan yang terpampang di papan kayu dekat kandang.

Seperti halnya manusia, panda punya kepribadian yang berbeda. Ada yang penyendiri, bersahabat, lainnya suka bermain-main, bahkan ada yang agresif.  Sementara,  "Yuan Run adalah panda yang aktif tapi keras kepala."

 

Panda bernama Yuan Run merayakan ulang tahunnya yang ke-3 (Liputan6/Elin Yunita)

Panda betina itu tinggal sekandang dengan 6 panda lainnya, yang berusia 3-4 tahun. Pada usia itu, mereka sudah masuk masa remaja.

"Setelah dewasa, mencapai usia 5 tahun, mereka akan dipisahkan untuk dikawinkan. Karena panda adalah hewan soliter," tambah Jason.

Pemisahan diperlukan agar panda bisa menemukan pasangan dan bisa kawin. Meski, "95 persen pembuahan pada spesies ini dilakukan dengan inseminasi," kata Jason.

Pada pesta ulang tahun, awalnya, tak semua panda mau keluar dari kandang mereka yang dilengkapi penyejuk udara. Beberapa lama kemudian, satu persatu muncul, hingga akhirnya lengkap 7 ekor.

Tingkah polah mereka mengundang senyum dan tawa para pengunjung yang berkerumun di sekitar kandang terbuka.

Dua panda berebut kue tar, lainnya asyik mengonsumsi rebung dengan suara gaduh. Bahkan seekor di antara mereka mengunyah potongan bambu sambil tiduran. Malasnya bukan main!

Dari jarak yang cukup jauh, tak mungkin untuk mengenali si empunya pesta, Yuan Run.

Penasaran bagaimana situasi pesta ulang tahun para panda? Saksikan videonya berikut ini:  

Baca juga: Dari Tiongkok, Masih Ada Setitik Harap untuk Spesies Panda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini