Sukses


Kata Wakil Ketua MPR Soal Nama Tuhan, Syaiton dan Rupiah

Ada pria bernama Tuhan di Banyuwangi, Jawa Timur dan nama Syaiton atau Saiton serta wanita bernama Rupiah di Palembang.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sedang dihebohkan oleh nama-nama yang nyentrik. Ada pria bernama Tuhan di Banyuwangi, Jawa Timur dan nama Syaiton atau Saiton serta wanita bernama Rupiah di Palembang, Sumatera Selatan.

Nama-nama unik tersebut sampai juga ke telinga Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Meski tak melarang soal nama-nama yang dirasa tak elok tersebut secara aturan negara, namun secara Islam, Hidayat mengatakan ada aturan pemberian nama terhadap anak.

"Memang negara tidak ada aturan khusus tapi Islam ada aturan nama yang mencerminkan tentang kebaikan, cita-cita untuk mencerminkan sesuatu yang baik," kata Hidayat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menuturkan, dalam Islam nama juga bisa untuk menggambarkan kebaikan dan jati diri seorang manusia. Untuk itulah, dia menyarankan agar Tuhan dan Saiton mengganti namanya menjadi lebih baik.

Alasan lainnya, tambah Hidayat, nama seperti itu juga dianggap tidak membuat bangga keluarga atau lingkungan sekitarnya. "Iya diganti, dan anak-anak tidak bangga dengan nama Saiton, tetangga juga tidak bangga," tandas Hidayat. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.