Sukses

Jokowi Sambut Kunjungan PM Timor Leste Rui Araujo di Istana

Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi oleh PM Timor Leste yang baru terpilih pada Februari 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi kembali kedatangan tamu penting. Kali ini Perdana Menteri Timor Leste Rui Maria De Araujo yang menginjakkan kakinya di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Kedatangan PM Araujo ke Istana, Rabu, (26/8/2015) untuk membahas sejumlah agenda mengenai kerja sama antara kedua negara. Menurut pengamatan Liputan6.com, ia tiba di Istana pada pukul 10.00WIB

Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi oleh PM Araujo semenjak ia terpilih sebagai Perdana Menteri Timor Leste pada Februari 2015. Perdana Menteri yang mengenyam pendidikan dokter umumnya di Universitas Sultan Agung, Indonesia ini tampak didampingi oleh istrinya, Teresa Antonio Madeira Soares. Ia langsung disambut oleh Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi.

Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam dengan dasi merah itu kemudian mengajak Araujo menuju lapangan depan Istana Merdeka untuk mengikuti upacara penyambutan kenegaraan.

Upacara diawali dengan iringan lagu kebangsaan kedua negara, dan bunyi dentuman meriam sebanyak 17 kali. Dentuman meriam merupakan bagian dari penyambutan tamu negara setingkat Presiden saat tiba di Istana Kepresidenan. Timor Leste dahulu merupakan bagian dari Indonesia sebagai provinsi termuda ke-27. Negara kaya minyak ini lewat referendum tahun 1999 berhasil melepaskan diri dan mendeklarasikan kemerdekaannya pada 20 Mei 2002.

Setelah mengikuti prosesi tersebut, Jokowi dan PM Araujo melakukan jajar kehormatan yang diiringi korps musik dari Pasukan Pengamanan Presiden. Setelah proses upacara penyambutan selesai, kedua kepala negara itu saling memperkenalkan para menteri dan pejabat yang hadir.

Beberapa menteri yang diperkenalkan Jokowi diantaranya Menlu Retno LP Marsudi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Seskab Pramono Anung.

Usai sesi perkenalan yang dilakukan di halaman depan Istana Merdeka itu, kedua rombongan delegasi masuk ke dalam ruang pertemuan Istana Merdeka. Kunjungan kenegaraan ini akan didahului dengan pertemuan tete a tete atau pertemuan empat mata secara formal antara Jokowi dengan PM Araujo.

Sebelum bertemu Presiden Jokowi, Araujo, yang sebelumnya pernah Menteri Kesehatan Timor Leste itu lebih dulu mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk meletakan karangan bunga dan memberikan doa bagi para pahlawan yang dikebumikan di tempat itu.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Senin 24 Agustus kemarin saat bertemu Menteri Investasi Timor Leste Xanana Gusmao menyatakan, PM Araujo memilih Indonesia sebagai kunjungan kenegaraan pertamanya. Alasannya, karena Indonesia merupakan negara yang paling dekat, tetangga yang paling dekat, dan memiliki hubungan baik dengan Bumi Loro Sae.

"Itulah sebabnya mengapa PM Timor Leste Rui Araujo memilih Indonesia sebagai kunjungan kenegaraan pertamanya," kata Menlu Retno. (Rie/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini