Sukses

Pertama ke Indonesia, PM Timor Leste Araujo Kunjungi TMP Kalibata

Mengenakan kacamata berwarna perak dan jas berwarna hitam, dia pun menundukkan kepala sebagai tanda penghormatan bagi para pahlawan.

Liputan6.com, Jakarta - Daerah Kalibata, Jakarta Selatan, menjadi tempat kunjungan perdana Perdana Menteri Timor Leste Rui Maria de Araujo, saat ke Indonesia. Mantan Menteri Kesehatan Timor Leste itu mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk meletakan karangan bunga dan memberikan doa bagi para pahlawan yang dikebumikan di tempat itu.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (26/8/2015) PM Araujo menyambangi TMP Kalibata pada pukul 09.35 WIB. Dia didampingi istrinya yaitu Teresa Antonio Madeira Soares, mantan PM Timor Leste Xanana Gusmao, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir bersama istri, Sekretaris Militer Presiden Hadi Tjahjanto bersama istri, dan Kasdam Jaya Brigjen Ibnu Triwidodo.

Mengenakan kacamata berwarna perak dan jas hitam, dia pun menundukkan kepala sebagai tanda penghormatan bagi para pahlawan. Setelah itu dia berjalan menuju plaza atau monumen TMP Kalibata untuk menaruh karangan bunga. Dia pun juga sempat mengheningkan cipta sejenak.

Perdana Menteri Timor Leste Rui Maria de Araujo mengunjungi TMP Kalibata (Liputan6.com/ Yoppy Renato)

Beranjak dari sana, Araujo langsung menuju tempat pengisian buku tamu. Dia hanya membubuhkan tanda tangan, sebagai simbol dirinya pernah hadir di makam tersebut.

Araujo langsung meninggalkan TMP Kalibata untuk segera bertemu Presiden RI Joko Widodo untuk membahas komitmennya untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi pada Senin 24 Agustus kemarin saat bertemu Menteri Investasi Timor Leste Xanana Gusmao menyatakan, PM Araujo memilih Indonesia sebagai kunjungan kenegaraan pertamanya. Alasannya, karena Indonesia merupakan negara yang paling dekat, tetangga yang paling dekat, dan memiliki hubungan baik yang sangat intensif dengan Timor Leste.

"Itulah sebabnya mengapa PM Timor Leste Rui Araujo memilih Indonesia sebagai kunjungan kenegaraan pertamanya, dan kami sangat memahami dan sangat welcome dengan hal tersebut," tutur Retno. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.