Sukses

Elang Jawa Merapi tidak Terdampak Kebakaran Hutan

Lokasi habitat Elang Jawa di Lereng Merapi terletak di sisi selatan (Sleman).

Liputan6.com, Yogyakarta - Kebakaran terjadi di sejumlah titik di jalur pendakian Gunung Merbabu dan lereng Merapi. Namun, habitat Elang Jawa yang ada di Gunung Merapi tidak terganggu oleh kebakaran hutan tersebut.

Koordinator Pengendalian Ekosistem Hutan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Irwan Yuniatmoko mengatakan, habitat Elang Jawa masih aman. Sebab, lokasi habitat Elang Jawa di Lereng Merapi terletak di sisi selatan (Sleman).

"Enggak memengaruhi. Lokasinya jauh dari habitat Elang Jawa yang berada di Plawangan dan Tegalmulyo," kata Irwan, Selasa 25 Agustus 2015.

Minggu depan, pihak TNGM akan melakukan pengamatan aktivitas, populasi, dan penyebaran burung khas Merapi ini. Mereka akan mengajak komunitas pengamat burung Yogyakarta.

Pengamatan tersebut juga akan mengecek perkembangan setelah kebakaran terjadi. Terlebih, Elang Jawa yang ada di Gunung Merapi masih tersisa 3 ekor.

"Ada 3, 1 pasang di Plawangan dan 1 ekor jantan di Tegalmulyo," jelas Irwan.

Pada awal tahun lalu, ada Elang Jawa yang mulai bersarang di Plawangan. Namun, belum diketahui apakah hewan penguasa Merapi itu sudah bertelur atau belum.

"Sudah bersarang, namun kita belum berani pastikan bertelur atau tidak. Elang Jawa kan sensitif sekali, jadi kita tidak berani mendekat," pungkas Irwan. (Bob/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini