Sukses

Ahok Minta Polisi Pimpin Penggusuran Berikutnya

Sebelum menertibkan Bidaracina dan Bukit Duri, Ahok akan bernegosiasi agar tidak terjadi bentrokan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menggusur kawasan Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana menyasar 2 lokasi lain, yakni Bidaracina dan Bukit Duri. Untuk menghindari bentrok seperti di Kampung Pulo, Gubernur yang akrab disapa Ahok itu akan menata kembali prosedur relokasi.

Dalam hal ini, Ahok ingin di penertiban selanjutnya, sudah dipastikan siapa pemimpinnya, yaitu polisi. Dengan penentuan ini, diharapkan tidak lagi terjadi salah komunikasi (miscommunication) saat bertugas.

"Kita minta polisi yang pimpin. Kita sudah rapat dengan Polda Metro Jaya," tegas Ahok di Balaikota, Jakarta, Selasa (25/8/2015). Menurut Ahok, koordinasi ini sangat penting. Sehingga saat penertiban dan mendapat perlawanan warga, semua dapat bertindak di bawah satu komando.

"Satpol PP di bawah komando siapa? Ini semua nembak, semua maju. Arah angin salah, nembakin gas air mata, ya kena teman. Polda akan pimpin," lanjut Ahok.

Sebelum menertibkan Bidaracina dan Bukit Duri, Ahok akan bernegosiasi agar tidak terjadi bentrokan. Sebab, penertiban di kedua wilayah terbilang mendesak.
"Seperti waktu kita bereskan Taman Burung. Yang pasti Bidaracina dan Bukit Duri harus kita bereskan untuk sodetan.

Sejatinya, penertiban dan penegakan peraturan daerah berada di tangan Satpol PP. Tapi, untuk menghadapi kerusuhan massa, Satpol PP tidak memiliki kemampuan untuk itu. Karena itu, polisilah yang bisa menangani konflik masa seperti itu. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini