Sukses

Capim KPK Laode Muhammad Janji Tidak Akan 'Gila Panggung'

‎Akademisi Universitas Hasanuddin Makassar itu juga ingin KPK lebih fokus menangani pemberantasan korupsi di sektor sumber daya alam.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) terus melakukan tes wawancara terhadap sejumlah Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK). Seleksi tahap akhir ini salah satunya dilakukan terhadap Laode Muhammad Syarif.

Kepada Tim Pansel, Laode menyatakan dirinya akan fokus melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi ‎seandainya nanti terpilih menjadi pimpinan KPK. Ia juga berjanji tidak akan sering muncul di media massa selama mengabdi di lembaga antirasuah itu.

"Saya Insya Allah tidak akan 'gila panggung' dan tidak akan sering-sering berada di teras KPK," ujar Laode saat menjalani wawancara oleh Tim Pansel Capim KPK di Gedung Sekretaris Negara, Jakarta, Selasa (25/8/2015).

‎Akademisi Universitas Hasanuddin Makassar itu juga ingin KPK lebih fokus menangani pemberantasan korupsi di sektor sumber daya alam (SDA) dan perpajakan. Penanganan itu, kata Laode bisa dilakukan bersama-sama dengan penegak hukum lainnya seperti Polri dan Kejaksaan.

"KPK, Polri, dan Kejaksaan harus fokus di sumber daya alam karena banyak yang tidak bisa diperbarui. Kalau habis ya habis. Kerusakan alam, kita dapat banjir dan keringnya, tapi hasil untuk negara kurang," ucap Laode.

‎Lebih jauh, Laode ingin jumlah penyidik di KPK ditingkatkan. Hal itu untuk mengoptimalkan kinerja KPK yang mencakup seluruh kawasan di Indonesia. Penyidik-penyidik tersebut juga tidak harus berasal dari pihak kepolisian maupun kejaksaan.

"Penyidik independen saya pikir dibolehkan. Mereka bisa memberi kontribusi juga. Saya pikir ini tidak perlu dipertentangkan," pungkas Laode. (Ron/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.