Sukses

Menteri Anies: Siswa Jangan Hanya Asah Daya Pikir, tapi Juga Seni

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki menyampaikan rasa bangganya, Palembang bisa dipercaya sebagai tuan rumah ajang FLS2N ke-8.

Liputan6.com, Palembang - Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ke-8 yang diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) diikuti ribuan pelajar dari berbagai daerah se-Indonesia. Ada 2.619 pelajar dari seluruh daerah, baik dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini, dibuka langsung oleh Mendikbud Anies Baswedan.

Dalam sambutannya, Anies mengharapkan para siswa bisa menunjukkan kreativitasnya di bidang seni. Sehingga dapat memberikan pengalaman dan bekal ke depannya.

"Acara tahunan ini agar bisa mendorong siswa di sekolah, jangan hanya mengasah kemampuan daya pikir, tapi juga rasa, seni, dan fisik. Dalam pendidikan harus bisa mengembangkan rasa, kreatifitas, dan imajinasi," ujar Anies di PSCC Palembang, Senin, 24 Agustus 2015.

"Karena masa depan dunia membutuhkan orang kreatif, berkarakter, dan kritis. Setiap kreasi adalah wujud imajinasi. Seni mengarahkan kepada kita untuk menyadari ada banyak jawaban atas pertanyaan yang sama," sambung dia.

Sementara, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki menyampaikan rasa bangganya, Palembang bisa dipercaya sebagai tuan rumah ajang pengasah bakat siswa siswi ini.

"Momen FLS2N menjadi media yang tepat dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di Sumsel, agar memiliki semangat kompetisi yang sehat dan meraih prestasi terbaik," kata dia.

Piala bergilir FLS2N ke-7 yang disabet Provinsi Jawa Barat pun langsung diserahkan kepada Anies, sebagai simbolis pembukaan FLS2N ke-8.

Saat pembukaan FLS2N ke-8, para peserta dihibur dengan tarian daerah dari 32 provinsi. Tak ayal, riuh semangat para peserta pun menggema di gedung PSCC Palembang, saat menyaksikan atraksi para penari yang memukau.

Berbagai perlombaan seni digelar. Tingkat SD, lomba yang digelar seperti menyanyi solo, tari kreasi baru, pidato Bahasa Inggris, dan membuat gambar bercerita. Lomba tingkat SMP di antaranya vokal grup, festival tari dan musik tradisional, seni baca al Quran, baca puisi, dan desain poster.

Direktorat Tingkatan PKLK yang dilombakan yaitu menari, cipta dan baca puisi SDLB, melukis dan menyanyi solo, merias wajah dan kuku, desain grafis. Sedangkan lomba tingkat SMA atau sederajat di antaranya menyanyi solo, tari berpasangan, baca puisi, desai poster, musik/band, musik gitar klasik tunggal dan lainnya. (Rmn/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.