Sukses


Ketua MPR: Berhentilah Mengatakan Indonesia Kaya

Untuk bisa maju, pemerintah harus komitmen dan konsentrasi meningkatkan SDM.

Liputan6.com, Sidoarjo - Hampir semua orang menyebut Indonesia sebagai negeri yang kaya raya. Namun Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta agar stigma tersebut dihentikan. Sebab anggapan itu akan membuat rakyat Indonesia menjadi terlena.

"Berhentilah mengatakan Indonesia kaya raya, karena itu tidak akan membuat kita sejahtera ternyata," kata Zulkifli Hasan saat mengunjungi pabrik Maspion 1 di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (24/8/2015).

Menurut Ketua Umum PAN itu, untuk bisa maju, pemerintah harus komitmen dan konsentrasi meningkatkan SDM. Sebab dengan begitu Indonesia bisa bersaing di kancah internasional.

"Tapi bangun SDM-nya sehingga memiliki dan nilai tambah lebih dan daya saing. Jadinya bergerak ke sektor jasa dan lain-lain. Kita sudah harus mulai menciptakan jangan terus mengambil," tutur Zulkifli.

Izin usaha

Zulkifli mencontohkan perbedaan yang amat mencolok antara Indonesia dengan Singapura. Persaingan kedua negara tersebut dimenangkan Singapura dengan pendapatan perkapitanya jauh lebih tinggi dari Indonesia.

Untuk itu pemerintah harus mendukung pelaku-pelaku industri di Indonesia. Para pelaku industri harusnya bisa diberikan kemudahan terutama soal perizinan.

"Saya melihat sendiri satu pelaku industri itu di depan saya sendiri Pak Ali Markus dengan pabrik Maspionnya. Produknya sudah mendunia dan membanggakan Indonesia sebab bisa bersaing dengan produk negara-negara luar," tutup Zulkifli. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.