Sukses

Jemaah Haji dari Malaysia Tak Alami Kesulitan Visa

Semua persiapan dan administrasi haji sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan jemaah ke Arab Saudi.

Liputan6.com, Madinah - Jemaah dari Malaysia kini telah tiba di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Proses keberangkatan mereka ke Masjidil Haram berjalan lancar tanpa terkendala oleh visa.

Hal itu diungkapkan seorang jemaah haji asal Malaysia, Abdul Wahab (57 tahun). Dia mengatakan seluruh calon jemaah haji negaranya dapat terbang ke Tanah Suci.

"Tidak. Tidak ada. Kami lancar-lancar saja tiba di sini. Tak ada berita jemaah yang gagal berangkat," kata Abdul Wahab yang ditemui Liputan6.com di Masjid Nabawi Madinah, Senin (24/8/2015).

Menurut pria asal Perak, Malaysia ini, semua persiapan dan administrasi haji sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan jemaah ke Arab Saudi. Pada saat keberangkatan, jemaah sudah memegang seluruh dokumen yang diperlukan guna keperluan masuk ke Tanah Suci.

Jemaah haji dari Malaysia lainnya, Ahmad Mahir, mengungkapkan hal yang sama. Mahir yang tahun ini berangkat haji bersama istrinya mengaku tak ada kendala untuk menunaikan rukum Islam yang kelima tersebut.

"Saya jarang melihat-lihat informasi seperti itu. Kami ke sini tidak ada masalah sedikit pun. Semua bisa berangkat, tidak ada yang batal," tukas Mahir.

Kondisi berbeda dialami oleh puluhan jemaah haji Indonesia. Mereka kini terancam batal berangkat ke Makkah lantaran belum mengantongi visa dari kedutaan besar Arab Saudi.

Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, masalah keterlambatan visa tersebut terjadi karena pemerintah Arab Saudi memberlakukan sistem baru pendataan calon jemaah haji. Sistem baru itu bernama e-Hajj. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.