Sukses

Usai Kampung Pulo Rata, Ahok Bangun Pembatas Kali Ciliwung

"Kampung Pulo pasti kita bangun sheet pile. Persis seperti 13 ruko yang saya robohkan. Dia terusin dari ruko," kata Ahok.

Liputan6.com, Jakarta - Proses penggusuran rumah warga di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur terus dilakukan. Hari ini, alat berat mulai memindahkan puing-puing rumah ke lokasi lain.

Setelah penggusuran selesai, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan segera membangun sheet pile atau dinding turap di sisi Sungai Ciliwung.

"Kampung Pulo pasti kita bangun sheet pile. Persis seperti 13 ruko yang saya robohkan. Dia terusin dari ruko," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balaikota, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Sejumlah warga saat menyeberangi kali Ciliwung usai penggusuran di Kampung pulo, Jakarta, Jumat (21/8/2015). Penggusuran terkait rencana Pemprov DKI Jakarta yang akan melakukan normalisasi Kali Ciliwung. (Liputan6.com/Gempur Surya)

Jauh sebelum menggusur permukiman warga di Kampung Pulo, Ahok sudah lebih dulu merobohkan 13 ruko yang berada di bantaran Sungai Ciliwung. Setelah rata dengan tanah, pemprov lalu membangun sheet pile untuk menahan laju air kiriman dari Bogor saat musim penghujan.

Setelah semua selesai dibangun, sheet pile itu mulai menunjukan hasil. Banjir yang menjadi langganan setiap tahunnya tak lagi meluap hingga ke Jalan Jatinegara Barat seperti tahun sebelumnya.

Sheet pile ini rencananya kembali dibangun di lahan gusuran warga. Sheet pile akan menyambung dari turap yang sudah rampung sebelumnya. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini