Sukses

Transjabodetabek Segera Beroperasi, Berapa Tarifnya?

Penumpang yang naik bus Transjabodetabek dari halte Transjakarta tidak dikenai biaya tambahan.

Liputan6.com, Jakarta - Armada bus baru Transjabodetabek segera beroperasi di Jakarta. Bus-bus ini akan menjadi feeder tambahan bagi warga pengguna Transjakarta. Transjabodetabek boleh masuk jalur Transjakarta. Lalu berapa tarifnya?

Dirut PT Transjakarta Antonius Kosasih mengatakan, penumpang yang naik bus Transjabodetabek dari halte Transjakarta tidak dikenai biaya tambahan. Penumpang cukup membayar 1 kali di halte seharga Rp 3.500.

Lalu, penumpang yang naik dari halte Transjakarta dan turun rute di akhir Transjabodetabek penumpang dikenai biaya tambahan Rp 10.000 setelah membayar tiket Rp 3.500 di halte Transjakarta. Kemudian, warga yang naik dari Transjabodetabek dan turun di halte Transjakarta hanya bayar satu kali Rp 10.000.

"Sementara, penumpang Transjabodetabek yang naik/turun di luar koridor Transjakarta membayar tarif Rp 10.000. Penumpang yang transit di dalam koridor Transjakarta tidak ada biaya tambahan," jelas Kosasih saat dikonfirmasi, Senin (24/8/2015).

Untuk rute Depok-Grogol penumpang naik bus Transjabodetabek dari Halte Grogol-UKI dan PGC 1-Grogol cukup bayar Rp 3.500. Bila melanjutkan perjalanan sampai Halte Depok atau Halte Grogol (Depok-Grogol, Depok-PGC 1, UKI-Depok dan Grogol-Depok) penumpang harus membayar lagi Rp 10.000.

Kemudian, Halte Poris Plawad Tangerang-JIExpo Kemayoran penumpang yang naik dari Halte JIExpo Kemayoran hingga halte transit S Parman Podomoro City cukup membayar Rp 3.500. Untuk melanjutkan perjalanan sampai halte akhir Poris Plawad (Poris Plawad-S Parman Podomoro City, Poris Plawad-JIExpo Kemayoran dan S Parman Podomoro City-Poris Plawad) dikenakan tarif tambahan Rp 10.000.

Terakhir, untuk rute TransJabodetabek dari Harapan Indah Bekasi-Pasar Baru penumpang cukup bayar Rp 3.500 untuk perjalanan dari Halte Pasar Baru sampai Halte Ujung Menteng. Bila melanjutkan perjalanan sampai halte akhir Harapan Indah (Harapan Indah-Pasar Baru, Harapan Indah-Ujung Menteng dan Ujung Menteng-Harapan Indah) penumpang membayar Rp 10.000.

"Sebelum rute yang baru ini, Transjabodetabek sudah ada rute Ciputat-Blok M dengan tarif Rp 9.000," tutur Kosasih.

Halte-halte yang dilalui bus Transjabodetabek

1. Rute Depok-Grogol
Depok-PGC 1-UKI-BNN-Cawang Ciliwung-Cikoko St Cawang-Tebet BKPM-Pancoran Tugu-Pancoran Barat-Tegal Parang-Kuningan Barat-Gatot Subroto Jamsostek-Gatot Subroto LIPI-Semanggi-Senayan JCC-Slipi Kemanggisan-Slipi Petamburan-RS Harapan Kita-S Parman Podomoro City-Grogol 2.

2. Rute Poris Plawad Tangerang-JIExpo Kemayoran
Poris Plawad Tangerang-S Parman Podomoro City-Grogol 2-Grogol 1-Sumber Waras-Harmoni-Pecenongan-Juanda-PS Baru Timur-JIExpo Kemayoran

3. Rute Harapan Indah Bekasi-Pasar Baru
Harapan Indah Bekasi-Ujung Menteng-Raya Bekasi Pulogebang-Pasar Cakung-United Tractors-Tipar Cakung-Raya Bekasi KIP-Bermis-Pulomas-ASMI-Pedongkelan-Cempaka Timur-RS Islam-Cempaka Tengah-Ps Cempaka Putih-Rawa Selatan-Galur-Senen-Atrium-RSPAD-Deplu-Gambir 1-Istiqlal-Pasar Baru.

(Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini