Sukses

6 Kegiatan CSR PT KAI yang Hadir di Tengah Masyarakat

Lewat CSR, PT KAI secara concern melakukan berbagai program, baik community relations, kemitraan dan bina lingkungan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu BUMN yang turut bertanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di sekitar wilayah usahanya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian sosial kepada masyarakat.

Lewat Corporate Social Responsibility (CSR), PT KAI secara concern melakukan berbagai program, baik Community Relations maupun Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Pada tahun 2015, PT KAI juga memberikan beberapa bantuan kepada masyarakat, antara lain berupa perbaikan sarana dan prasarana ibadah, fasilitas olahraga & umum, bantuan dalam pembuatan sumur bor, dan bantuan lainnya. Berikut 6 kegiatan CSR PT KAI yang telah hadir di tengah masyarakat :

1. Program Kemitraan dan Bina Lingkungan

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) merupakan wujud turut serta perusahaan dalam pembangunan ekonomi bangsa. Selain menyalurkan dana kemitraan, KAI juga melakukan pembinaan, pelatihan dan sharing antarmitra binaan dalam hal produksi dan pemasaran produk.

Mitra binaan PT KAI mencakup seluruh sektor ekonomi (industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa, dan lainnya). Semakin banyak mitra binaan yang dibantu oleh PT KAI, semakin banyak pula masyarakat yang taraf hidupnya meningkat.

2. Peduli Korban Erupsi Gunung Sinabung

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1

Sebagai bentuk kepedulian sosial perusahaan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, PT KAI menyalurkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Sinabung.

PT KAI secara langsung menyambangi korban bencana erupsi Gunung Sinabung dan menyerahkan bantuan sosial secara langsung berupa sembako, susu murni, susu bayi, pakaian (untuk bayi, remaja, & dewasa), perlengkapan bayi, perlengkapan mandi dan karpet.

3. Pasar Murah BUMN 2015

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1436H/2015 lalu serta berdasarkan instruksi Menteri BUMN, PT KAI menggelar program Pasar Murah BUMN 2015. Program tersebut serentak dilakukan di 4 titik, yakni Stasiun Plered, Stasiun Cimahi, Stasiun Cicalengka, dan Stasiun Cipeundeuy.

Sejumlah 1.500 paket sembako masing-masing berisi beras, gula, minyak goreng, biskuit, dan sirup senilai Rp 150.000 cukup dibayar masyarakat dengan uang Rp 50.000.

4. Peduli Warga Sekitar Stasiun

3 dari 4 halaman

2

PT KAI juga memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan terutama mereka yang tinggal di sekitar stasiun dan jalan rel, termasuk warga yang dulu berjualan di sekitar stasiun yang telah ditertibkan.

Seperti warga yang ada di Desa Belatung, Baturaja Sumatera Selatan dan bantuan kepada pengurus Musala Baitul Maghfiroh di Muara Enim, Sumatera Selatan.

Program ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan dan sebagai media untuk mempererat hubungan antara perseroan dan masyarakat agar lebih harmonis dan saling menguntungkan.

5. Bedah Rumah Veteran

4 dari 4 halaman

3

Dalam rangka memperingati HUT ke-70 RI tahun ini, PT KAI bersama BUMN lainnya melakukan bedah rumah veteran sebanyak 40 unit per provinsi. Selain itu, juga memberikan bantuan penambahan fasilitas laboratorium di 17 SMK di tiap provinsi, penjualan sembako murah, menyelenggarakan jalan sehat, dan berbagai kegiatan bermanfaat bagi masyarakat lainnya.

6. Locomotive Marching Band

Guna meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani pekerja, serta pembinaan atlet berprestasi, PT KAI juga melakukan pembinaan komunitas internal perusahaan seperti pembinaan olahraga & kesenian. Di bidang kesenian, PT KAI memiliki Lokomotive Marching Band yang selalu hadir di event-event besar baik skala regional maupun nasional.

Berbagai upaya CSR yang dilakukan PT KAI demi memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah kerja PT KAI. Perusahaan BUMN di bidang moda transportasi ini pun berharap dukungan positif dari masyarakat akan dapat meningkatkan layanan perkeretaapian dan berbagai aspek bisnis usaha PT KAI lainnya.

Baca Juga:

Kereta Api: Setia Selama 7 Dekade Melayani Negeri

Pelayanan dan Inovasi Kereta Api Tanpa Henti Untuk Negeri

Rail Transit Suite, Hotel Nyaman di Stasiun Gambir

5 Menu Baru nan Menggoda Selera dari Loko Cafe, Anak Usaha PT KAI

Transformasi Layanan Commuter Line Menuju 1,2 Juta Penumpang

Potensi Untung Besar, PT Kalog Ekspansi Bisnis Batubara di Sumsel

Parade Busana Pengantin Bikin Lawang Sewu Masuk Rekor MURI

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini