Sukses

Kedubes Inggris di Teheran Resmi Dibuka Kembali

Pada upacara itu Hammond mengatakan serangan pada 2011 merupakan titik terendah hubungan kedua negara.

Liputan6.com, Teheran - Kedutaan Besar Inggris di Teheran, Iran, dengan resmi telah dibuka kembali setelah hampir 4 tahun ditutup. Sementara, Iran akan segera membuka kembali kantor kedutaannya di London.

Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond menghadiri upacara di Teheran yang dihadiri sejumlah diplomat Iran untuk menandai pembukaan kembali Kantor Kedutaan Besar Inggris.

Seperti dikutip BBC, Minggu (23/8/2015), pada upacara itu Hammond mengatakan, serangan pada 2011 merupakan titik terendah hubungan kedua negar. Tetapi sejak terpilihnya Presiden Hassan Rouhani semuanya terus membaik, langkah demi langkah.

Kedutaan Inggris di Teheran ditutup pada 2011 setelah diserbu oleh pengunjuk rasa menyusul demonstrasi menentang sanksi terhadap Iran.

Hammond adalah Menteri Luar Negeri Inggris yang pertama mengunjungi Iran sejak 2003. Pembukaan kedutaan besar Inggris di Iran serta kedutaan besar Iran di London terjadi setelah Iran mencapai kesepakatan dengan 6 negara adidaya terkait pembatasan program nuklirnya.

"Kesepakatan soal program nuklir merupakan peristiwa bersejarah, merupakan tonggak, dilakukan dalam suasana saling menghormati, untuk mengatasi tantangan bersama," ujar Hammond dalam pidatonya.

"Pembukaan kembali kedutaan adalah langkah logis berikutnya untuk membangun keyakinan dan kepercayaan antara 2 negara besar," imbuh dia. (Ado/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini