Sukses

Mobil Pintar Hibur Anak-anak Kampung Pulo di Rusunawa

Di saat bersamaan, Nani pun memberikan penyuluhan kepada para remaja dan orangtua.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan anak pindahan dari Kampung Pulo, Jakarta Timur, berlarian di lorong-lorong Rusun Jatinegara Barat. Mereka bermain kejar-kejaran, bahkan ada yang sampai berlarian ke pinggir jalan raya.

Tiba-tiba, mobil berwarna biru bertuliskan 'Mobil Pintar' parkir di depan titik kumpul. Pintu samping dibuka oleh seorang ibu yang memakai kaos warna putih dan celana training. Sontak, anak-anak pun mengerubungi mobil tersebut. Di dalam mobil itu ada banyak hal yang disukai anak-anak.

"Mobil pintar ada 4 sentra pembelajaran. Ada sentra komputer, sentra audio visual, sentra baca atau pustaka, terakhir sentra bermain untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD‎)," kata Aiptu Nani Suprihatini, petugas yang mendampingi Mobil Pintar, Minggu (23/8/2015).

Nani menjelaskan, dirinya mendapat instruksi dari Direktur ‎Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Budi Widjanarko untuk memberi hiburan bagi anak-anak yang baru pindah ke lingkungan baru tersebut. Anak-anak pun berhenti berlarian dan meminjam buku bacaan.

Di saat bersamaan, Nani pun memberikan penyuluhan kepada para remaja dan orangtua.

"‎Untuk kegiatan hari ini, mengingat rangkaian pemindahan warga, banyak anak-anak yang tidak terarah. Ini juga bentuk kepedulian polisi pada pendidikan. Anak-anak mitra termuda dan terkecil di kepolisian," tutur dia.

"Kami juga beri penyuluhan terkait dampak bahaya narkoba, kenakalan remaja, pelecehan seksual, dan tertib lalu lintas. Tidak hanya anak-anak, tapi dari remaja, dan orangtua," tambah Nani.

Sayang kegembiraan anak-anak itu terbatas, pukul 13.00 WIB Mobil Pintar itu mulai ditutup. Buku-buku pun dikembalikan ke dalam rak, tersusun rapi. Nani pun berjanji kembali lagi untuk menghibur anak-anak.

"Kami dari jam 8 WIB, ini sekarang jam 13.00 WIB sudah selesai. Memang anak-anak dan orangtua antusias, mereka juga komunikatif. Kita kembali lagi lain waktu," tandas Nani.

Mobil Pintar pun melaju perlahan keluar dari lokasi rusun. Deru mobil itu semakin tak terdengar, kalah dengan suara gelak tawa anak-anak yang kembali berlarian. (Ron/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.