Sukses

Kisah Polwan Nanik, Penolong Penderita Gangguan Jiwa

Di wilayah Nganjuk saja, tercatat 80-an orang dipasung oleh keluarga mereka sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam tindakan kepahlawanan di tengah masyarakat. Seorang pengabdi negara di Nganjuk, Jawa Timur, menunjukkan bakti pada negara dengan menolong orang-orang yang dipasung. Berkat Polwan Nanik Yuliati, puluhan penyandang gangguan jiwa, bebas dari pasungan.

Banyak warga desa yang umumnya miskin mengira gangguan jiwa tidak bisa sembuh. Mereka beranggapan perawatan gangguan jiwa mahal. Mereka khawatir, bila tidak dipasung maka penyandang gangguan jiwa akan mengganggu, bahkan merusak lingkungan sekitar.

Satu-satunya jalan keluar, bagi mereka, adalah pemasungan. Di wilayah Nganjuk saja, tercatat 80-an orang dipasung oleh keluarga mereka sendiri. Namun, Aiptu Nanik menunjukkan jalan keluar lain.

Apa saja yang dilakukan Aiptu Nanik? Saksikan selengkapnya dalam segmen 'Sosok Minggu Ini' di Liputan 6 Siang, Minggu (23/8/2015) pukul 12.00 - 12.30 WIB. (Mut)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini