Sukses

330 Petugas Dikerahkan, Kebakaran Gunung Merbabu Dipadamkan

Total luas wilayah yang terbakar di Gunung Merbabu sekitar 90 hektare.

Liputan6.com, Boyolali - Kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah, akhirnya dipadamkan. Upaya pemadaman membuahkan hasil pada Sabtu 22 Agustus 2015 sore tadi sekitar pukul 17.00 WIB.

"Sekitar 330 personel tim gabungan berhasil memadamkan api dengan peralatan yang terbatas karena lokasi kebakaran di lereng-lereng gunung yang curam, tidak ada air dan kondisi cuaca kering," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu malam 22 Agustus 2015.

Sutopo menjelaskan, total luas wilayah yang terbakar sekitar 90 hektare. Rincinya, 40 hektare di Kabupaten Magelang dan 50 ha di Kabupaten Boyolali.

"Sekitar 200 personel dari BPBD Kabupaten Magelang, TNI, Polri, TNGM, relawan dan masyarakat pada Sabtu pukul 08.00 WIB diberangkatkan 4 kloter relawan. Di mana 3 kloter melalui Posko Suwanting dan 1 kloter melalui Sobleman, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang," imbuh Sutopo.

Ia memaparkan, daerah-daerah yang berhasil dipadamkan adalah Desa Genikan (Kecamatan Ngablak), jalur pendakian Wulunggunung, Dusun Denokan (Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan), Lembah Manding, Puncak Suwanting (Desa Banyuroto, Sawangan), Sabana 1, 2 dan 3, serta sumber mata air Dampo Awang.

"Tim gabungan telah memastikan tidak ada sisa-sisa bara api, agar tidak terjadi kebakaran kembali. Dua pos dapur umum BPBD Magelang di Dusun Suwanting dan Balai Desa Wonolelo telah ditutup," beber Sutopo.

Dari Boyolali, lanjut Sutopo, sebanyak 130 personel dari BPBD Boyolali, BPBD Klaten, TNI, Polri, TNGM, UNY, relawan dan masyarakat memadamkan 50 hektare pada perdu ilalang, dan tanaman edelweis. Serta, sebagian hutan lindung yang ada di Kecamatan Selo, Boyolali.

"Tim gabungan memadamkan terus-menerus dengan menggunakan ranting dan membuat sekat agar api tidak meluas. Tim bertahan di gunung dan regu porter mengirim logistik setiap 5 jam," tandas Sutopo.

Hampir setiap tahun kebakaran melanda Gunung Merbabu. Pada 24 September 2014 hingga 11 Oktober 2014, kawasan hutan Gunung Merbabu terbakar seluas 151,98 hektare. Untuk itu perlu ada solusi permanen agar tidak terulang kembali. (Ans/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini