Sukses

Karnaval Khatulistiwa Kesempatan Emas Kalbar Tarik Wisatawan

Terlebih, Pontianak akan menjadi kota wisata sungai.

Liputan6.com, Pontianak - Berbagai kebudayaan dari nusantara ditampilkan dalam Karnaval Khatulistiwa. Acara ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo sore ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengharapkan, Kalimantan Barat sebagai tuan rumah dapat memperoleh manfaat besar dari even tersebut.

"Kami harapkan kegiatan ini bisa memberikan manfaat besar bagi Pontianak dan Kalimantan Barat, khususnya dalam meningkatkan sektor pariwisata dan kunjungan wisatawan di Kalimantan Barat," kata Arief saat melakukan kunjungan kerja di Pontianak, Sabtu (22/8/2015).

Menurut dia, Karnaval Khatulistiwa tersebut menjadi kesempatan emas bagi pemerintah Kalimantan Barat untuk mengenalkan potensi daerah kepada dunia. Terlebih, Pontianak akan menjadi kota wisata sungai.

"Saya rasa Kalbar memiliki cukup banyak kelebihan dan potensi wisata yang bisa dikembangkan. Apalagi Pontianak nantinya dijadikan sebagai kota wisata sungai dan itu sudah masuk dalam rencana pembangunan negara untuk periode 2014-2019," tutur Arief.

Oleh karena itu, dia mengapresiasi rencana Gubernur Kalbar yang akan menjadikan Karnaval Khatulistiwa sebagai salah satu agenda tahunan di Pontianak.

"Namun untuk kegiatan inti dari HUT RI akan kita lakukan secara bergantian di setiap daerah. Memang sudah ada beberapa daerah yang mengajukan kesiapan mereka untuk menggelar kegiatan ini pada tahun depan, salah satunya adalah Sumatera Selatan dan untuk bentuk kegiatannya tentu akan disesuaikan lagi," kata Arief.


Puluhan warga suku dayak landak mengikuti festival karnaval khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/8/2015). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis berharap gelaran Karnaval Khatulistiwa yang dilaksanakan pada hari ini bisa berjalan aman, lancar dan sukses. Selain itu Cornelis berharap Kalbar bisa mendunia melalui Karnaval Khatulistiwa.

"Jadi Indonesia tak hanya memiliki Jawa dan Bali, Kalimantan Barat juga harus dikenal di mata internasional. Agar nantinya wisatawan baik domestik maupun manca negara banyak singgah ke sini otomatis akan menaikan ekonomi daerah khususnya, umumnya Indonesia," tutur Cornelis.

Terkait hal itu, dia mengajak kepada semua masyarakat Kalbar, khususnya warga Pontianak untuk datang beramai-ramai memeriahkan kegiatan tersebut. (Ant/Bob/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini