Sukses

Mengeluh Sakit, OC Kaligis Dilarikan ke RSCM

Menurut salah satu kuasa hukum OC Kaligis, kliennya yang telah mengeluh sakit sejak menjadi tahanan KPK di Rutan Guntur.

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa kasus dugaan suap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Otto Cornelis Kaligis, dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk diperiksa terkait kondisi kesehatannya.

Menurut salah satu kuasa hukum OC Kaligis, Humphrey Djemat, kliennya yang telah mengeluh sakit sejak menjadi tahanan KPK di Rutan Guntur ini akan langsung ditangani tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Sejak jam 8 pagi sudah dibawa ke sana (RSCM). (OC Kaligis) Sekarang lagi diobservasi oleh tim dokter IDI. Tadi pihak KPK informasi saya karena Pak OCK minta didampingi penasehat hukumnya," Humphrey Djemat saat dikonfirmasi, Jumat (21/8/2015).

Ia menjelaskan, penyakit yang dikeluhkan kliennya ini adalah akibat tekanan darahnya meningkat sejak 14 Juli lalu. Apalagi OC Kaligis diketahui memiliki riwayat penyakit jantung.

"Iya. Plus gula darahnya tinggi, dan itu sudah diketahui dokter KPK," katanya.

Dan untuk perawatan intensif atas penyakitnya tersebut, pihak KPK, dokter, maupun kuasa hukum belum mengetahui sampai kapan pengacara berusia 73 tahun itu akan kembali ke Rutan Guntur.

"Belum tahu. Tergantung rekomendasi dokter," pungkas Humphrey Djemat.

Akibat gangguan kesehatannya ini, OC Kaligis diketahui tidak bisa menjalankan sidang perdana perkaranya yang digelar pada Kamis 20 Agustus kemarin. Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta pun memutuskan untuk menunda sidang serta meminta dokter dari IDI memeriksa penyakitnya.

Namun, hakim juga memutuskan agar OC Kaligis dihadirkan pada sidang selanjutnya yang dijadwalkan pada Kamis 27 Agustus pukul 09.30 WIB. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini