Sukses

Menteri Agama Lepas Kloter Pertama Jemaah Calon Haji

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudim melepas jemaah calon haji kloter I di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukmam Hakim Saifudim melepas jemaah calon haji kloter I di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur. Pelepasan ini sekaligus mewakili 11 kloter lainnya dari 9 embarkasi berbeda di Indonesia.

"Kita akan memberangkatkan untuk kali pertama jemaah haji dari Indonesia menuju tanah suci di Madinah. Insya Allah secara serentak hari ini diberangkatkan 11 kloter, dari 9 embarkasi. Medan, Padang, Jakarta ada 2 dari Pondek Gede dan Bekasi, Solo, Balikpapan, Makassar. Sehingga jemaah haji tidak kurang 4.458 orang hari ini bisa diberangkatkan menuju tanah suci," ujar Lukman, Jumat (21/8/2015).

Lukman mengatakan, jemaah yang berangkat lebih dulu ke tanah suci memang memiliki waktu yang lebih panjang dibanding lainnya. Sehingga harus bisa menjaga kesehatan sebelum mencapai puncak haji di Padang Arafah.

"Jangan terlalu memforsir diri melakukan analiyah, afdholiyah, keutamaan, karena saking semangatnya. Pengalaman lalu kita terlalu bersemangat pertama kali, lupa kondisi kesehatan. Wukuf utamanya. Jaga kesehatan, karena wukuf adalah puncak haji," tegas Lukman.

Politisi PPP itu mengaku tidak membatasi ibadah, tapi tetap harus menjaga kesehatan karena jamaah lebih mengerti kondisi kesehatan masing-masing. Lukman juga mengingatkan pada para jemaah muda yang sangat paham teknologi untuk tidak segan mengakses aplikasi Haji Pintar, sehingga bisa mengetahui dan berbagi informasi tentang ibadah haji.

"Tahun ini Kemenag buka aplikasi bagaimana agar idealnya keinginan kami jemaah haji Indonesia itu pintar. Cukup dengan berbagai informasi terkait hal ikhwal haji. Untuk itu kami buka Haji Pintar. Bisa download di Google Play Store. Logonya Kemenag, akan muncul informasi yang terupdate mengenai kehajian. Ini penting agar kita well inform mengenai ibadah haji," jelas Lukman.

Lukman juga meminta kepada para petugas untuk sabar dan ikhlas dalam menjalani tugas selama di tanah suci. Dia ingin seluruh petugas melayani masyarakat dengan baik.

"Bagaimana pun juga sebagai tamu Allah kita hakikatnya duta-duta bangsa, jemaah haji Indonesia. Dan Indonesia sejak puluhan tahun lalu dikenal sehagai jemaah haji yang baik bahkan terbaik di banyak mata negara muslim yang mengirimkan negaranya ke tanah suci," lanjut dia.

Lukman juga meminta para jemaah untuk mendoakan Indonesia agar menjadi negara yang lebih baik. "Doakan kami bangsa Indonesia. Doakan tidak banyak kota jakarta tapi seluruh bangsa, pimpinannya. Mudah-mudahan kesadaran kita untuk membangun bangsa ini ke arah lebih baik terus bisa terpelihara dengan baik," pinta Lukman.

"Sampaikan salam kami kepada Rasulullah. Doakan kita semua dengan doa-doa yang baik," tutup Lukman. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.