Sukses

Aldo Mahasiswa UGM Berumur 14 Tahun Tak Canggung Berteman

Aldo mengatakan, selama ospek 3 hari ini, dia telah mendapat teman baru.

Liputan6.com, Yogyakarta - Aldo Meyolla Geraldino menjadi mahasiswa termuda di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta tahun ini. Remaja itu masuk Fakultas Kedokteran UGM di usia 14 tahun 7 bulan. Kecepatan di bidang akademi ini karena dia mengikuti program akselerasi sejak SD hingga SMA.

Pemuda kelahiran Solo 19 Desember 2000 belajar di SDN 16 Solo Jawa Tengah selama 5 tahun. Kemudian belajar di SMP 9 Solo selama 2 tahun. Dia juga menyelesaikan pendidikan di SMA 1 Solo selama 2 tahun. Aldo mengaku, program akselerasi yang diikutinya atas inisiatif sang guru.

Walaupun masih remaja, mahasiswa berkacamata ini tidak canggung bergaul dengan mahasiswa lain yang usianya lebih di atasnya. Ia bisa berteman dengan sesama mahasiswa baru UGM.

"Ya biasa saja sih, kenalan sama teman biasa. Enggak ada canggung, biasa saja. Dulu di SMP atau SMA juga biasa saja. Di UGM juga biasa kan ada teman sekolah yang lolos di FK UGM jadi biasa saja," ujar Aldo di Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta, Kamis 20 Agustus 2015.

Aldo mengatakan, selama ospek 3 hari ini, dia mendapat teman baru. Mahasiswa lain juga menganggapnya seperti mahasiswa pada umumnya. Tidak ada perbedaan dengan umurnya yang masih remaja.

"Persiapannya ya biasa seperti mahasiswa. Sekarang kan juga nge kost jadi ya biasa kayak mahasiswa lain. Enggak ada kendala apapun dalam interaksi dengan teman-teman," kata penggemar musik rock ini.

Humas Fakultas Kedokteran UGM Dian P mengatakan, Aldo Meyolla Geraldino adalah mahasiswa termuda di FK UGM. Sebelumnya, tercatat ada lulusan mahasiswa termuda di FK UGM di usia 17 tahun.

Dia mengatakan, setiap kelebihan pasti ada sisi kekurangannya. Walaupun begitu di FK UGM akan memantau mahasiswanya, termasuk Aldo di bidang akademik melalui Dosen Pembimbing Akademik (DPA).

"Pemantauan khusus itu adanya di bidang akademik oleh DPA. Nanti dari pihak DPA akan memantau apa saja kekurangan mahasiswa di bidang akademiknya," tutur Dian P. (Mvi/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini