Sukses

Hutan Kota Bengkulu Sengaja Dibakar?

Warga menduga hutan Danau Dendam yang merupakan lahan gambut tersebut sengaja dibakar untuk kepentingan tertentu.

Liputan6.com, Bengkulu - Warga menemukan titik api membakar hutan di daerah Danau Dendam, Kota Bengkulu. Kebakaran hutan ini terjadi malam tadi sekitar pukul 19.00 WIB.

"Terlihat 3 titik api, yang mulai membesar, sekitar pukul 19.00 WIB, pemadam kebakaran sudah datang, ada 2 unit mobil pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api, tetapi belum bisa padam seluruhnya," ucap warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian, Muhammad di Bengkulu, Rabu (19/8/2015) malam.

Sejauh ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran, tetapi masyarakat menduga hutan Danau Dendam yang merupakan lahan gambut tersebut sengaja dibakar untuk kepentingan tertentu.

"Untung rumah warga tidak terlalu dekat, jadi kami rasa, kami aman, hanya saja kebakaran ini menyebabkan sesak napas, mata perih dan batuk," kata Muhammad.

Sementara itu penggiat lingkungan, Direktur Kampanye Walhi Bengkulu, Feri Vandalis mengungkapkan temuan titik api terasa di hutan yang berdekatan dengan salah satu lokasi perumahan Kota Bengkulu.

"Kami juga sudah coba memadamkan, tetapi kondisi medan sulit diakses, armada tidak dapat merapat ke titik api," beber dia.

Sedangkan mobil unit pemadam kebakaran, menurut Feri hanya melakukan antisipasi agar tidak merambat ke rumah warga. "PBK standby di lokasi, kami juga akan berusaha agar kebakaran tidak meluas," tandas Feri. (Ant/Ans/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini