Sukses

Sikap Jokowi soal "Perang Kata-Kata" JK-Rizal Ramli

Jokowi mengaku telah menegur Rizal untuk menyampaikan segala hal yang bersifat kritik atas kebijakan pemerintah untuk diselesaikan internal.

Liputan6.com, Jakarta - S‎ilang pendapat antara Menko Kemaritiman Rizal Ramli dengan Wapres Jusuf Kalla terkait pembangunan megaproyek pembangkit listrik 35 ribu MW berbuntut pada perang argumen keduanya.

Rizal menganggap proyek tersebut tidak realistis dan terlalu ambisius. Sedangkan JK membalas pernyataan Rizal dengan menganggap bahwa sebagai menteri baru Rizal tidak mengetahui apa-apa tentang proyek berbiaya ratusan triliun itu.

Menanggapi perang argumen tersebut, Presiden Joko Widodo tampak enggan berkomentar banyak. Jokowi mengaku tidak mau terlalu banyak mengurusi hal-hal yang dapat membuat kegaduhan pemerintahannya.

"Kalau urusan yang seperti itu, saya enggak akan jawab. Urusan saya, urusan bekerja, menyelesaikan masalah. Kalau kamu pasti senangnya yang kayak gitu. Kalau saya enggak," ujar Jokowi usai menghadiri acara yang diselenggarakan Kementerian ESDM di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Jokowi mengaku telah menegur Rizal untuk menyampaikan segala hal yang bersifat kritik atas kebijakan pemerintah untuk diselesaikan secara internal.

"Itu sudah disampaikan, tugasnya mencari solusi dari setiap problem yang ada dari target dan kebutuhan yang sudah kita berikan," ucap Jokowi.

Jokowi menegaskan, proyek tersebut tetap akan dilaksanakan. Selain itu, listrik juga merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Apalagi, selama ini Jokowi mengaku banyak mendapatkan keluhan dari warga didaerah mengenai seringnya terjadi pemadaman listrik.

"Ndak, ndak (tetap dilaksanakan). Itu memang kebutuhan. Kalau enggak mencapai itu, saya tiap ke daerah komplainnya adalah listrik. Byar pett, listrik mati. Oleh sebab itu saya dorong terus ini harus selesai," pungkas Jokowi. (Ron/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Rizal Ramli kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia
    Rizal Ramli kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia

    Rizal Ramli

  • JK