Sukses

Irman Gusman Sahkan Pimpinan Baru Komite I DPD RI

Irman Gusman akan bersedia bekerja 24 jam untuk Komite I DPD RI.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPD RI Irman Gusman mengesahkan pimpinan Komite I DPD RI. Dalam pemilihan, pimpinan Komite I DPD RI terdahulu kembali terpilih secara aklamasi di Ruang Komite I, Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (18/8/2015).

Mereka adalah Senator asal Jawa Tengah Akhmad Muqowam yang menjadi Ketua Komite I DPD RI, Senator Asal Provinsi Aceh Fachrul Razi, dan Senator asal Provinsi Sulawesi Utara Benny Rhamdani yang masing-masing menjadi Wakil Ketua Komite I DPD RI.

Irman mengingatkan, ujung tombak DPD RI berada di Komite I. Seperti Bidang Tugas Pemerintah Daerah, Bidang Politik, Bidang Hukum dan HAM, Bidang Pertahanan dan Tata Ruang, Bidang Pemukiman dan Kependudukan, Bidang Komunikasi dan Informatika, Bidang Ketentraman Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat seharusnya Komite I bermitra dengan Menkopolhukam karena sangat luas bidang tugasnya. Irman pun akan bersedia bekerja 24 jam untuk Komite I.

Sementara, Komite II DPD RI juga mengadakan Sidang Pleno dengan agenda pemilihan pimpinan untuk memilih pimpinan baru periode Masa Sidang I Tahun 2015-2016. Sidang dipimpin Wakil Ketua II DPD RI, GKR Hemas yang diselenggarakan di Gedung B DPD RI, Senayan, Jakarta.

Ada anggota baru di Komite II DPD RI yaitu Aji Muhammad Mirza Wardana menggantikan Bambang Susilo dari Provinsi Kalimantan Timur yang mengundurkan diri untuk mencalonkan menjadi Bupati Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur.  

GKR Hemas sebagai Pimpinan Sidang menawarkan kepada Anggota Komite II apakah komposisi pimpinan Komite II pada masa periode yang lalu dilanjutkan atau perlu dilakukan pemilihan baru. Anggota Komite II pun serempak meminta pemilihan pimpinan baru.

Pemilihan Pimpinan dilaksanakan dengan cara musyarawah mufakat. Dengan menetapkan perwakilan dari Wilayah Barat tetap memilih Parlindungan Purba dari Sumatera Utara sebagai calon pimpinan. Wilayah Tengah sepakat kembali mengusulkan Ahmad Nawardi asal Jawa Timur. Sedangkan Wilayah Timur menetapkan Anna Latuconsina asal Maluku sebagai calon pimpinan.

Setelah masing-masing wilayah mencalonkan pimpinan, Sidang Pleno menyatakan secara aklamasi menetapkan Parlindungan Purba sebagai Ketua Komite II, Ahmad Nawardi, dan Anna Latuconsina sebagai Wakil Ketua Komite II DPD RI pada Masa Sidang I Tahun Sidang 2015-2016. Pimpinan Sidang, GKR Hemas un langsung menyerahkan palu pimpinan kepada Pimpinan Komite II terpilih. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.