Sukses

Formasi Horor Wajah Putin dari Kawanan Burung di Langit New York

Beberapa orang mengometari itu adalah sosok Steve Jobs dan Robin Williams. Sementara lainnya merasa ngeri melihat potongan klip tersebut.

Liputan6.com, New York - Fenomena aneh terlihat di langit New York sore itu. Ribuan burung yang terbang bersama membentuk wajah Vladimir Putin.

Sheryl Gilbert menangkap kawanan bergelombang burung bergerak melintasi langit, saat ia menyeberangi Jembatan Williamsburg di Brooklyn pekan lalu.

Dengan jembatan Manhattan terlihat sebagai latar belakangnya, wajah pemimpin Rusia ini terlihat hanya sepersekian detik dalam klip singkat yang direkam dari bus wisata.

Gregory West, suami Gilbert mem-posting video tersebut.

"Melihat ini beberapa hari lalu dalam perjalanan, dan itu luar biasa! Dapatkah Anda melihat penampakan wajah? Siapa ini?'," tulis West dalam postingannya seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (18/8/2015).

Beberapa orang mengomentari itu adalah sosok Steve Jobs dan Robin Williams. Sementara lainnya merasa ngeri melihat potongan klip tersebut.

Meskipun video itu belum dikonfirmasi kebenarannya, namun saluran TV Rusia Zvezda berkomentar bahwa itu mirip dengan pemimpinnya, Presiden Vladimir Putin.

Sejak diunggah pada Selasa ini, klip berdurasi 11 detik itu sudah dillihat lebih dari 1 juta di YouTube. Banyak yang berkomentar itu adalah video palsu.

Sedangkan orang-orang dari Rusia berkomentar penampakan itu mirip wajah Presiden mereka.

"Ini adalah peringatan bagi Amerika Serikat untuk tidak memulai perang dengan Rusia," tulis salah satu pengguna YouTube.

Sementara yang lainnya bercanda, "Lihat ke langit! Itu burung! Itu pesawat! Tidak, itu Super Putin!"

Belum diketahui apa sebenarnya yang terjadi pada burung-burung itu. Namun, diduga itu hanyalah fenomena Pareidolia. Di mana penderitanya seringkali melihat gambar atau suara menyerupai sesuatu yang dianggap penting.

Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, pria di bulan atau kelinci Bulan, dan mendengar pesan tersembunyi di rekaman yang dimainkan secara terbalik.

Pareidolia secara umum bisa diterjemahkan sebagai sebuah fenomena ketika melihat pola dari objek-objek nan acak. Pareidolia menjadi penyebab seseorang melihat atau juga mendengar dari gambaran kabur atau suara kurang jelas, seakan-akan menyerupai sesuatu yang signifikan. (Tnt/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini