Sukses

Serunya Lomba Panjat 124 Pohon Pinang di Ancol

Ada 124 pohon pinang dengan berbagai hadiah menarik di atasnya untuk diperebutkan para peserta lomba.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)‎ disemarakkan dengan berbagai lomba. Salah satu lomba paling favorit saat momen 17 Agustusan adalah panjat pinang.

Untuk memeriahkan ‎hari kemerdekaan ini, manajemen pusat rekreasi Taman Impian Jaya Ancol pun menyelenggarakan lomba panjat pinang massal. Ada 124 pohon pinang dengan berbagai hadiah menarik di atasnya untuk diperebutkan para peserta lomba.

"Ada banyak hadiahnya ya. Tiap pohon ada sepeda, handphone, dispenser, payung, jam dinding, kaos, makanan, dan banyak lagi," ujar Marketing Manager Taman Impian Jaya Ancol Olivia Hendrietta, di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (17/8/2015).

‎Menurut Olivia, pemilihan angka 124 memiliki makna filosofis usia kemerdekaan yang ke-70. Jika barisan angka itu dijumlahkan, maka akan menghasilkan angka 7. "Ini kalau 1+2+4 kan sama dengan 7. Jadi kita ambil angka depannya aja dari 70," ujar dia.

Peserta umumnya berasal dari sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan ada peserta yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah. Tak sedikit pula peserta yang rela bermalam di kompleks Taman Impian Jaya Ancol demi memeriahkan perlombaan 17 Agustus ini.

"Rata-rata memang warga Jabodetabek. Tapi yang paling banyak dari Rangkasbitung, Banten. Yang paling jauh ada dari Cilacap, Jawa Tengah. Mereka banyak yang menginap di sini," tutur dia.

124 Pohon pinang meriahkan HUT ke-70 RI di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

‎Pada perlombaan ini, setiap pohon pinang diperebutkan oleh 2 kelompok yang diberi nama tim merah dan tim putih. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang. Sehingga total peserta seluruhnya berjumlah 992 orang.

‎"Tim merah dan tim putih masing-masing diberi waktu 3 menit. Jika dalam waktu itu gagal mencapai puncaknya, maka diganti tim selanjutnya. Begitu terus sampai ada yang berhasil," papar Olivia.

"Kalau semisal tim merah lebih dulu mencapai puncak dan berhasil mengambil bendera. Maka semua hadiah bisa disapu bersih. Jadi dialah pemenangnya," sambung dia.

Selain menyediakan hadiah yang ada di pohon pinang, panitia juga ‎menyiapkan doorprize bagi seluruh peserta. Sehingga bagi tim yang kalah dalam perlombaan panjat pinang masih mempunyai kesempatan membawa pulang hadiah.

Rutin Ikut Lomba di Ancol

Kemeriahan lomba panjat pinang yang diselenggarakan di Pantai Karnaval Ancol memberi banyak kesan bagi pesertanya. Salah satunya Heri (32). Warga Kemayoran, Jakarta Pusat ini‎ mengaku baru pertama kali mengikuti panjat pinang di Ancol.

"Seru, Mas. Kita mah enggak ngincer hadiah apa yang bakal diambil. Yang penting bisa memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia aja sudah senang," ucap Heri.

124 Pohon pinang meriahkan HUT ke-70 RI di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Dia mengaku mendapatkan info perlombaan tersebut dari saudaranya‎ yang tinggal di kawasan Ancol. "Dikasih tau saudara. Ya mumpung libur, sekalian rekreasi, sekalian meramaikan ulang tahun Indonesia," ujar dia.

Hal senada juga disampaikan Anton (25). Warga Kota Tangerang, Banten ini mengaku sengaja datang ke Ancol bersama 3 temannya untuk mengikuti lomba panjat pinang. Seperti halnya Heri, Anton juga tak menargetkan hadiah.

"Saya rutin tiap tahun ke sini (ikut panjat pinang). Kita seru-seruan aja, memeriahkan acara 17 Agustusan," tandas Anton. (Ado/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini