Sukses

Percepat Penanganan Dampak Gunung Sinabung, Pemerintah Bentuk TPN

TPN dibentuk untuk menampung aspirasi masyarakat sekitar Gunung Sinabung yang berharap dapat kembali menata kehidupannya lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Guna penanganan dampak erupsi Gunung Sinabung lebih cepat dan lebih baik, pemerintah membentuk Tim Pendampingan Nasional (TPN).

TPN dibentuk untuk menampung aspirasi masyarakat sekitar Gunung Sinabung yang berharap dapat kembali menata kehidupannya menjadi lebih baik.

TPN diresmikan Kepala BNPB Syamsul Maarif di Kantor Pemerintah Kabupaten Karo, setelah memperingati detik-detik kemerdekaan RI bersama bupati dan unsur Muspida Tanah Karo di Stadion Kabanjahe.

TPN mempunyai tugas memberikan bantuan, memfasilitasi dan pengerahan sumber nasional lainnya untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat korban bencana.

"Konkretnya adalah Tim TPN saat ini harus fokus pada pembangunan hunian 370 kk layak tinggal dan jalan prioritas sepanjang 3 km dari Puncak 2000 menuju Siosar serta pengerjaan lahan pertanian seluas 185 ha dengan target penyelesaian pada 25 Desember 2015," ujar Syamsul Maarif di Karo, Senin (17/8/2015).

Tim TPN yang dipimpin Bambang Sulistyanto, Deputi Logistik dan Peralatan selaku Ketua tim akan mulai bekerja Selasa besok dengan menyusun program, strategi dan kebijakan percepatan penanganan Bencana Sinabung bersama pemerintah daerah.

Tim TPN akan berkantor sementara di Kodim 02/05 Kabanjahe dan juga akan membangun Rumah Komunikasi di Siosar sebagai wadah diskusi dan dialog dengan masyakarakat untuk percepatan. (Ron/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini