Sukses

Peringati HUT RI, Masyarakat Aur Medan Upacara di Sungai Deli

Ratusan masyarakat Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara, punya cara senciri merayakan 70 tahun kemerdekaan RI.

Liputan6.com, Medan - Ratusan masyarakat Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara, punya cara senciri merayakan 70 tahun kemerdekaan Indonesia. Mereka melakukan upacara di Sungai Deli.

Menurut Budi Bahariong, salah satu penggagas kegiatan, upacara di sungai yang mereka lakukan kali ini untuk menonjolkan kepada masyarakat luas dan pemerintah bahwa arti dari sebuah kemerdekaan itu sangat mahal.

"Kemerdekaan itu sangat mahal, tidak sembarangan diperoleh. Apalagi, para pejuang rela mempertaruhkan nyawanya untuk meraih kemerdekaan negeri ini. Jadi dengan berbasah-basahan serta menahan dingin, inilah salah satu bentuk rasa cinta kita kepada tanah air," kata Budi yang juga penggagas komunitas Laskar Bocah Sungai Deli (Labosude), Senin (17/8/2015).

Budi menjelaskan, upacara di sungai yang mereka lakukan kali ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya sejak 2013. Selama tiga tahun ini juga mereka kerap melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Kelurahan Aur, terutama anak-anak kecil untuk selalu peduli dengan sungai.

"Kita mulai penanaman kecintaan terhadap lingkungan, terutama sungai dari anak-anak yang bermukim di sini, karena anak-anak pola pikirnya masih bagus dan jika terus kita tanamkan tentang persoalan-persoalan positif seperti ini, kita sebagai pemuda di sini berharap mereka akan semakin cinta dan peduli dengan Sungai Deli ini, yang kemudian akan kita gerakkan lagi untuk kecitaan yang lebih besar, yaitu negeri ini," jelas Budi.

Selain upacara di dalam Sungai Deli, kegiatan yang dilakukan oleh masyarakan Kelurahan Aur kali ini juga dimeriahkan dengan berbagai macam lomba-lomba seperti panjat pinang di sungai dan lomba balap ban di sungai. Sumber hadiah dalam perlombaan tersebut merupakan swadaya masyarakat yang berada di Kelurahan Aur. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.