Sukses

Kemeriahan Upacara Bendera Dalam Air di Seaworld Ancol

Pengibaran bendera di dalam air di Seaworld, Ancol, Jakarta Utara, ini untuk memberikan warna kemeriahan kemerdekaan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan 70 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan di seluruh penjuru Tanah Air. Berbagai upacara pengibaran bendera merah putih digelar tak hanya di daratan, tapi juga ada yang dilaksanakan dalam air.

Salah satunya di dalam aquarium raksasa wahana rekreasi Seaworld, Ancol, Jakarta Utara. Kepala Humas Taman Impian Jaya Ancol ‎Metty Yan Harahap mengatakan, pengibaran bendera di dalam air ini untuk memberikan warna kemeriahan kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga untuk memberikan kesempatan para pengunjung yang tidak sempat mengikuti upacara bendera.

"Karena tidak semuanya bisa ikut upacara. Untuk tidak menghilangkan momentum itu, kami manajemen Ancol membuat kegiatan-kegiatan menarik yang ada unsur kemerdekaan," ucap Metty di Ancol, Jakarta Utara, Senin (17/8/2015).

Pengibaran bendera di dalam air ini juga dimeriahkan oleh kehadiran artis Chua Kotak. Di dampingi 6 penyelam dari Seaworld, bassis band Kotak itu bertugas membawa bendera untuk dikibarkan di dalam aquarium raksasa.

"Animo masyarakat sangat tinggi. Mereka sama-sama mengikuti proses pengibaran bendera, penghormatan kepada bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan mendengarkan pembacaan proklamasi," tutur Metty.

Selain pengibaran bendera di dalam air, manajemen Ancol juga menyelenggarakan pengibaran bendera raksasa. Juga ada lomba panjat 100 pohon pinang di Pantai Karnaval.

‎"Ini merupakan agenda tahunan kita. Karena kita ingin masyarakat yang berekreasi tetap ingat bahwa hari ini merupakan peringatan kemerdekaan yang telah diperjuangkan leluhur-leluhur kita. Sehingga kita tetap bisa bersyukur, Alhamdulillah sudah merdeka," pungkas Metty.

Respons Masyarakat

Upacara pengibaran bendera yang dilakukan di dalam air ini mendapat repons beragam dari para pengunjung. Ummah, salah satu pengunjung mengaku sangat senang bisa menyaksikan momen setahun sekali itu. Apalagi dia dapat melihatnya secara langsung.

"Senang ya. Biasanya kan aku cuma lihat dari televisi. Ini bisa lihat langsung. Apalagi tadi ada artisnya juga yang ikut menyelam mengibarkan bendera," ucap Ummah.

M‎eski digelar secara singkat, ia mengaku mengikuti prosesi demi prosesi upacara pengibaran bendera dengan hikmat.

‎Hal senada juga disampaikan pengunjung lainnya, Sigit Sugiarto. Ia mengaku sering berkunjung ke Ancol. Namun baru kali ini mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih dari dalam air.

"Baru kali ini. Di samping rekreasi, saya juga ingin menunjukkan ke ‎anak-anak pentingnya menghormati jasa pejuang yang telah merebut kemerdekaan kita," ucap Sigit.

"Anak saya kan masih kecil, belum bisa ikut upacara di lapangan. Ini mengisi liburan, mumpung ada pengibaran bendera di dalam air juga, kan seru," ungkap Sigit. (Fis/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini