Sukses

SBY Pilih Upacara Bendera HUT RI di Pacitan

Berbeda dengan SBY, mantan Wakil Presiden yang pernah mendampingi SBY, Boediono, hadir di Istana Merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan Megawati Soekarnoputri yang hadir dalam upacara peringatan HUT ke-70 RI, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) justru tidak hadir. SBY memilih mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia di kampung halamannya, Pacitan, Jawa Timur.

SBY absen setelah 10 tahun selalu memimpin upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam akun Twitter-nya yang diposting Sabtu 15 Agustus 2015, SBY menulis alasan ketidakhadirannya di Istana Merdeka.

"Terus terang, stlh selama ini sy peringati Hari Kemerdekaan di Jakarta, th ini sy ingin "pulang kampung" utk peringatinya di Pacitan. Setelah 10 th terakhir saya peringati hari kemerdekaan tsb di Jakarta, insya Allah tahun ini saya akan peringati bersama masy Pacitan. Saya berencana utk peringati bersama pejuang & veteran di Nawangan, Pacitan ~ tempat Panglima Sudirman dulu pimpin Perang Gerilya. *SBY*," tulis SBY di @SBYudhoyono.

Pria kelahiran 9 September 1949 itu mengatakan, selama 2 periode memimpin Indonesia, sudah 10 kali dia membacakan pidato tentang Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN). Dan selama masa itu pula, hanya beberapa mantan presiden dan wakil presiden yang menghadiri undangan untuk menyaksikan pidato kenegaraannya.

Sementara itu, mantan Wakil Presiden yang pernah mendampingi SBY, Boediono, hadir di Istana Merdeka. Selain Boediono terlihat mantan Wakil Presiden lainnya yakni Hamzah Haz dan Tri Sutrisno.

Tampak dibarisan pejabat tinggi negara, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla mengenakan kebaya warna sama, ungu terang. Penampilan Iriana dipercantik dengan selendang songket yang menutupi sebagian bahunya.

Sementara Megawati mengenakan kebaya motif bunga dan selendang warna marun dan putrinya yang juga Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menggunakan kebaya putih.

(Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini