Sukses

Bom Bunuh Diri Tewaskan Menteri Negara Bagian Punjab Pakistan

Lashkar-e-Islam mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dan mengatakan itu pembalasan atas operasi militer terhadap mereka.

Liputan6.com, Punjab - Sebuah serangan bom bunuh diri menewaskan salah seorang menteri Provinsi Punjab, Pakistan dan juga sedikitnya 8 orang lainnya. Polisi mengatakan serangan di Attock itu menyebabkan atap rumah Shuja Khanzada, Menteri Dalam Negeri Provinsi Punjab roboh saat mengadakan pertemuan yang dihadiri 20 orang.

"Ada antara 20 dan 30 orang yang hadir ketika ledakan itu terjadi yang menyebabkan atapnya roboh," kata Shahzad Niaz, seorang petugas informasi setempat seperti dikutip The Guardian, Minggu (16/8/2015).

Petugas penyelamat di lokasi kejadian mengatakan 9 mayat telah ditemukan.

Sebuah kelompok militan Taliban yang berafiliasi dengan Lashkar-e-Islam, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dan mengatakan itu pembalasan atas operasi militer terhadap mereka. "Serangan seperti itu akan berlanjut di masa depan," kata juru bicara mereka Saluddin Ayubi.

Jika klaim itu benar, pemboman ini akan memperluas konflik serta memperlihatkan kemampuan kelompok militan untuk menyerang target tingkat tinggi. Serangan besar tersebut biasanya ciri khas dari Taliban atau kelompok sektarian yang dilarang Lashkar-e-Jhangvi.

Punjab, provinsi terbesar dan terkaya di Pakistan, secara tradisional lebih damai daripada negara bagian lainnya. 2 Pekan lalu, polisi Punjab membunuh pemimpin Lashkar-e-Jhangvi bersama 2 putranya, wakil, dan 10 pendukung lainnya. (Ado/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini