Sukses

Gunung Cotopaxi Meletus, Ekuador Umumkan Status Darurat

Cotopaxi adalah salah satu gunung berapi paling berbahaya di dunia dan rentan menumpahkan batu-batu dan arus lumpur yang bergerak cepat.

Liputan6.com, Quito: Presiden Ekuador Rafael Correa mengumumkan keadaan darurat akibat peningkatan aktivitas Gunung Cotopaxi dekat ibukota Ekuador, Quito.

Hari Jumat lalu, para pejabat juga sudah mengevakuasi ratusan orang dari desa-desa terdekat setelah gunung itu meletus.

Letusan kecil juga telah menyemperotkan abu setinggi lebih dari 5 kilometer ke udara dan menyebarkan debu halus sejauh lebih dari 50 km ke utara.

Dilansir BBC, Minggu (16/8/2015), pengumuman tersebut memberi para pejabat setempat lebih banyak keleluasaan dalam menggunakan dana pemerintah untuk mengatasi situasi tersebut.

Pihak berwenang telah membatasi akses ke sebuah taman yang mengelilingi gunung berapi itu dan melarang para pendaki untuk mendaki puncak yang tertutup salju.

Cotopaxi adalah salah satu gunung berapi yang paling berbahaya di dunia dan rentan menumpahkan batu-batu dan arus lumpur yang bergerak cepat. Gunung Cotopaxi terakhir meletus dalam skala besar pada tahun 1877. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini