Sukses

1.000 Aparat Amankan Parade Tauhid di Jalur Car Free Day

Ribuan personel dikerahkan untuk mengamankan parade tauhid yang akan melewati jalur hari bebas kendaraan (car free day).

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 1.000 aparat gabungan dari unsur TNI, Polri, dan Satpol PP berjaga di sepanjang Jalan Sudirman, mulai dari Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Ribuan personel ini dikerahkan untuk mengamankan parade tauhid yang akan melewati jalur hari bebas kendaraan (car free day).

Pengamanan dibagi di 2 titik kumpul. Yakni di kawasan Bundaran Senayan yang menjadi start parade dan di Bundaran HI yang menjadi garis finish.

Kapolsek Menteng, Jakarta Pusat, Kompol Dedy Tabrani mengatakan, ada sekitar 432‎ personel gabungan yang berjaga di kawasan Bundaran HI. Mereka akan berjaga mulai di Dukuh Atas hingga Bundaran HI.

"Untuk pengamanan di kawasan Bundaran HI, ada sekitar 432 dari Polres Jakarta Pusat, Polres Tangerang Kota, Brimob, TNI, dan Satpol PP," ujar Dedy usai memimpin ‎apel di halaman Pos Polisi Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (16/8/2015).

Selain itu, polisi juga menyiagakan sejumlah kendaraan taktis barracuda dan water canon. Kendaraan khusus tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Ada sekitar 3 barracuda dan water canon dari Brimob. Tapi ini baru satu yang datang," ucap dia.

Dedy yang dalam penugasan ini menjadi Kepala Pengamanan Objek Bundaran HI berharap, pelaksanaan parade tauhid berjalan dengan aman dan terkendali. Ia berharap, pelaksanaan parade tidak mengganggu masyarakat yang mengikuti car free day.

"Kami berjaga ‎untuk antisipasi itu (kemungkinan rusuh). Apalagi ini kan berbenturan dengan banyak massa car free day. Ya semoga aman," harap Dedy.

Tak Banyak Tahu

Suasana Car Free Day di Jalan Hotel Indonesia (HI), Jakarta. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Tak seperti biasa pelaksanaan car free day di Bundaran HI diamankan ratusan personel gabungan. Sebagian warga yang biasa berolahraga saat car free day mengaku heran dengan banyaknya personel dari Polri, TNI, dan Satpol PP ini.

"Nggak tahu ya. Biasanya nggak seramai ini yang olahraga. Polisinya juga lebih banyak sekarang," ujar salah seorang warga, Sari.

Sementara Parman, warga Jakarta lainnya menganggap wajar pelaksanaan car free day hari ini lebih ramai dari biasanya. Selain karena long weekend, hal ini juga sekaligus dalam rangka menyambut HUT ke-70 RI, 17 Agustus 2015.

"Ya wajar aja banyak petugas, kan pengamanan jelang 17-an. Masyarakatnya yang ikut car free day juga pasti lebih banyak,"‎ tutur Parman.

Pantauan Liputan6,com di lapangan, puluhan warga Jakarta memadai jalur car free day di kawasan Bundaran HI. Jumlah ini terbilang jauh lebih banyak dari biasanya.

Rencananya, parade tauhid akan diikuti sekitar 2.000 massa ‎dari beberapa wilayah di Jakarta. Acara akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 hingga 10.00 WIB. Peserta parade akan berjalan dari kawasan Senayan dan finish di Bundaran HI. (Ali/Vra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini