Sukses

Jokowi Buka Piala Presiden, Pengamanan Stadion Serang Diperketat

2.200 personel gabungan dari unsur TNI, Polda Banten, Satpol PP, dan Dishub Banten dikerahkan untuk mengamankan jalannya acara tersebut.

Liputan6.com, Banten- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka kick off turnamen sepak bola Piala Presiden 2015 di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Banten, Sabtu (15/8/2015) malam. Sebanyak 2.200 personel gabungan dari unsur TNI, Polda Banten, Satpol PP, dan Dishub Banten dikerahkan untuk mengamankan jalannya acara tersebut.

Acara yang akan dihadiri oleh Gubernur Banten Rano Karno dan para menteri di Kabinet Kerja itu berlangsung pukul 19.00 WIB. "Saya yakin di stadion ini akan dipenuhi oleh para pecinta bola. Pengamanan ke sini sesuai prosedur," kata Komandan Korem (Danrem) 064/MY Kolonel Kaveleri, Nana Supriatna, di sela-sela persiapan pengamanan acara, Sabtu.

Aparat gabungan tersebut dibagi dalam 3 ring, yakni ring satu Paspamres dibantu oleh beberapa pasukan yang dipilih. Ring 2 dari Yonif gabungan kewilayahan antara kodim dan korem. Sedangkan ring 3 diisi oleh polda dan Brimob serta dibantu oleh pengamanan rute di sepanjang jalan.

Para suporter dan masyarakat yang akan melihat babak kick off turnamen sepak bola Piala Presiden diharapkan selalu menjaga ketertiban dan keamanan selama berlangsung hingga bubarnya pertandingan.

"Datang dengan tertib, sejuk, nyaman dan tidak boleh saling hina menghina satu sama lainnya. Sepak bola ini dapat dinikmati bersama dan hiburan bersama," tegas Nana.

Berdasarkan pantauan di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Banten. Para masyarakat dan suporter Perserang yang dikenal dengan 'Bala Singandaru (Balsing)' yang berjumlah sekitar 5.000 mulai memenuhi tribun penonton dengan pemeriksaan ketat dari aparat gabungan.

Sebelumnya, Gubernur Banten Rano Karno mengatakan kedatangan Presiden Jokowi nanti disambut oleh 15 ribu suporter sepak bola yang ada di Banten. Bahkan, penunjukan Stadion Maulana Yusuf menjadi tuan rumah pembukaan kick off Piala Presiden membuat Rano kaget dan tak percaya.

"Kalau jadi tuan rumah Piala Kemerdekaan sudah lama. Tapi kalau Presiden mau datang, jujur ini saya baru dikabarin saja kemarin," terang Rano.

Meski merasa kaget dan tak percaya, Rano mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatu agar perhelatan sepak bola nasional dapat terus bergulir dengan momentum kick off Piala Presiden. "Segala persiapan sudah dilakukan secara maksimal," ucap Rano.

Setelah Jokowi membuka secara resmi Piala Kemerdekaan 2015, mantan Walikota Solo tersebut bersama Menpora Imam Nachrowi, Rano Karno, Bupati/Walikota se-Banten, serta jajaran Pemprov Banten dijadwalkan menyaksikan bersama pertandingan antara tuan rumah Perserang dengan Persidago. (Luq/Bob)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini