Sukses

Chef Australia: Ini Alasan Masakan Indonesia Layak Mendunia

Setidaknya ada 3 masakan Indonesia masuk daftar makanan terlezat di dunia: nasi goreng, sate, dan rendang.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki kekayaan masakan yang luar biasa. Warisan keanekaragaman budaya dan tradisi nenek moyang berpadu dengan pengaruh kuliner dari India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa dalam "periuk Nusantara".

Setidaknya ada 3 masakan Indonesia masuk daftar makanan terlezat di dunia: nasi goreng, sate, dan rendang. Masakan daging berempah dengan cita rasa pedas asal Sumatera Barat itu bahkan menempati peringkat pertama dalam survei CNN pada 2011 lalu.

Bahkan, Barack Obama pun ikut memopulerkan masakan Indonesia. Presiden Amerika Serikat itu belum lupa sedapnya jajanan kaki lima yang pernah ia nikmati saat kecil, kala ia tinggal di kawasan di Menteng, Jakarta.

"Sate! Bakso! Enak ya...," kata Obama dalam Bahasa Indonesia, saat menyampaikan pidatonya di Universitas Indonesia pada 2010 lalu.

Namun, terbesit tanda tanya besar: mengapa masakan Indonesia yang memiliki cita rasa yang kaya, kalah tenar dibanding kuliner lain, Thailand misalnya?

Menurut chef terkenal asal Australia, George Calombaris, Indonesia tak cukup hanya melestarikan warisan kuliner. "Tapi Anda juga harus mempromosikannya ke dunia," kata dia di kediaman Dubes Australia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, tak sekadar menyajikan makanan lezat, Indonesia juga harus menyajikan kisah di balik kuliner tersebut.

Saksikan video penuturan chef George Calombaris tentang mungkinkah kuliner Nusantara mendunia di bawah ini. (Ein/Mut)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.